Benarkah Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Penyakit Serius?

Kamis, 25 Mei 2023 - 07:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Meski terlihat sepele, gigi berlubang bisa berkembang menjadi masalah yang lebih serius, bahkan memicu penyakit yang berisiko menyebabkan kematian.

Mengapa demikian? 

Seseorang dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk, memiliki 2-3 kali risiko terkena penyakit kardiovaskular atau serangan jantung. 

Hal ini dikarenakan infeksi gusi (periodontitis) yang disebabkan bakteri akibat penumpukan plak, mampu membentuk kantong berisi nanah di area sekitar akar gigi.

Jika tidak segera diatasi, infeksi gusi ini bisa membuat jaringan dan tulang pada gusi mengalami gangguan, kerusakan pada gigi, bahkan masuk ke dalam aliran darah serta menyerang organ tubuh lainnya seperti jantung. 

Pembuluh darah yang terkandung dalam gusi mampu mengalirkan bakteri ke anggota tubuh lainnya, sehingga bisa meningkatkan dan mempengaruhi penyempitan pembuluh darah.

Selain itu, gigi berlubang juga dapat memicu abses gigi, pembengkakan, pergeseran posisi gigi setelah gigi tanggal, hingga infeksi serius. Simak video berikut, untuk mengetahui selengkapnya. 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral