3 Jenis Bunga Cantik yang Bisa Dijadikan Teh, Ketahui Manfaatnya

Senin, 21 Agustus 2023 - 11:30 WIB

Bunga kerap digunakan sebagai dekorasi dan tanaman hias. Namun ternyata beberapa jenis bunga yang bisa dijadikan ramuan teh.

Pertama ada bunga krisan. Bunga ini berwarna mulai dari kuning paling pucat hingga merah cerah, dengan beberapa varietas berwarna hijau dan ungu. 

Aromanya yang harum dan warnanya yang cerah membuat bunga ini cocok untuk mempercantik ruangan.

Rupanya bunga krisan juga punya manfaat kesehatan saat dikonsumsi dalam bentuk teh. Teh bunga krisan dibuat dari bunga krisan kering. 

Teh ini memiliki aroma bunga yang lembut. Teh krisan biasanya berwarna keemasan dengan rasa bunga yang ringan.

Teh krisan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Selain dibuat teh, kelopak, daun, dan tangkai bunga krisan dapat direbus, diseduh dan dikonsumsi.

Selanjutnya ada bunga telang. Teh bunga telang saat ini banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Bukan hanya menyegarkan saja. Namun teh bunga telang yang berwarna kebiruan ini juga memiliki beragam khasiat yang berguna sebagai salah satu penunjang kesehatan tubuh.

Teh bunga telang ini dapat dibuat dengan cara menyeduh ekstrak bunga telang, atau juga langsung merendam bunga telang (segar dan kering) dalam air panas. 

Perlahan, air akan berubah kebiruan sehingga terlihat menarik dan estetik. Karena warnanya yang menarik inilah bunga telang dapat juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan.

Terakhir ada bunga rosella. Tanaman rosella memiliki bunga berwarna merah dan berukuran cukup besar menyerupai bunga sepatu. Tanaman ini kerap diolah menjadi berbagai macam produk, seperti selai, sirop, obat, dan teh herbal.

Teh rosella terbuat dari campuran daun, kelopak, dan pucuk bunga rosella. Karena rasanya yang asam, teh rosella kerap disebut sour tea. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:35
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
Viral