Ini Dia Tips Membersihkan Telinga Yang Tepat Dari Dokter THT

Minggu, 19 September 2021 - 15:02 WIB

Telinga adalah bagian tubuh yang harus kita jaga kebersihannya, dan biasanya kita menggunakan cotton bud  untuk membersihkan telinga. Tapi tahukah anda ternyata cotton bud beresiko membuat kotoran telinga semakin terdorong masuk ke dalam telinga dan menyebabkan gangguan hingga komplikasi gangguan pendengaran?

Bagaimana cara membersihkan telinga yang benar dan aman? 

Dokter Rangga Saleh, Spesialis THT mengatakan bahwa membersihkan telinga menggunakan cotton bud atau alat lain seperti misalnya peniti atau jepitan rambut, atau bahkan kunci mobil justru akan memperparah masalah di telinganya.

Tadi yang pertama, kotorannya bisa terdorong semakin dalam sehingga menutup gendang telinga dan menutup pendengaran. Kemudian, masalah kedua adalah risiko infeksi apalagi jika yang digunakan adalah alat-alat yang tajam seperti misalnya peniti atau jarum.

“Khusus untuk cotton bud, yang sering terjadi adalah kapasnya ini akan tertinggal pada saat kita mengorek. Sehingga akan terjadi adanya benda asing di dalam telinga dan itu harus diangkat atau harus dikeluarkan oleh dokter,” tutur dr Rangga.

Kotoran telinga itu sendiri adalah produksi kelenjar yang kita sebut kelenjar serumen. Kelenjar serumen ini normal ada di semua telinga, terutama di bagian sepertiga luar dimana juga terdapat pada folikel rambut. Nah kelenjar serumen Ini menghasilkan kotoran telinga yang tujuannya sebenarnya adalah untuk melindungi liang telinga itu sendiri. 

Selain itu juga, dengan adanya kotoran telinga atau seruman ini, maka proses pembersihan diri dari si liang telinga sendiri.

Tips pertama membersihkan telinga di rumah adalah dengan handuk. Setelah mandi, ada rasa seperti basah, maka dapat menggunakan handuk untuk membersihkan sepertiga keluar dari liang telinga.

Kedua adalah dengan kontrol rutin ke dokter THT enam bulan sekali untuk dilakukan pemeriksaan telinga.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral