Keren, Zara Remaja Pertama Keliling Dunia Dengan Pesawat Ringan

Selasa, 14 Desember 2021 - 00:38 WIB

Brussel, Belgia - Seorang gadis remaja siap memecahkan rekor sebagai perempuan muda pertama yang terbang sendirian untuk keliling dunia.

Tidak seperti anak muda pada umumnya yang liburan ke luar negeri harus bersama teman-temannya, seorang remaja 19 tahun ini justru ingin terbang keliling dunia sendirian dan memecahkan rekor dunia.

Ia adalah Zara Rutherford, wanita termuda yang terbang sendiri keliling dunia selama libur semesternya. Zara memulai penerbangannya dari kota asalnya Brussels, Belgia pada 11 Agustus 2021 lalu. Penerbangannya ini diperkirakan akan memakan waktu hingga tiga bulan.

Pelajar berkebangsaan Inggris dan Belgia ini merupakan mahasiswi di Winchester, Hampshire. Ia mengeluarkan dananya sendiri untuk mengisi jeda libur kuliahnya ini untuk keliling dunia.

Zara Rutherford akan menerbangkan Shark Ultralight yang merupakan pesawat sport ringan tercepat di dunia dengan tangki bahan bakar ekstra sebagai pendamping di kursi cadangan pesawat.

Rute yang akan dilewati Rutherford diantaranya Atlantic, Greenland, Kanada, dan Amerika Selatan. Sebelum naik Ke Alaska lalu menyeberang ke Rusia dan Indonesia lalu kembali ke Eropa.

Ia telah dinyatakan memenuhi persyaratan Guinness World Record untuk menjadi penerbang keliling dunia. Menurut Rutherford tantangan terbesarnya adalah tempat terpencil seperti Rusia Utara dan Greenland.

Zara memang berasal dari keluarga pilot. Ia pernah menjalani latihan formal sejak usia 14 tahun. Cita-cita wanita berusia 19 tahun ini didukung sepenuhnya oleh keluarga Rutherford, termasuk ibu dan ayahnya.

Rutherford punya cita-cita menjadi astronot setelah belajar ilmu komputer atau teknik elektro di kampus. Awalnya ia berencana terbang keliling dunia hanya sebagai petualangan selama jeda semester. Ia sama sekali tidak menyadari akan menjadi wanita termuda yang melakukannya. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral