Koalisi Perubahan Usung Anies, Cawapres Belum Dideklarasi

Rabu, 22 Februari 2023 - 17:29 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, Demokrat, dan PKS telah sepakat untuk penggusuran Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024.

Suara ketiga partai telah memenuhi syarat ambang batas untuk mengusung Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden mendatang.

Namun ketiga partai belum juga menggelar deklarasi bersama untuk menentukan Calon Wakil Presiden pendamping Anies Baswedan.

Partai Demokrat dan PKS secara resmi telah menyatakan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024.

Keduanya bergabung dengan Partai Nasdem yang lebih dahulu mengusung Anies sebagai capres.

Dengan tiga parpol pendukung, Partai Nasdem, Demokrat dan PKS, Anies Baswedan dipastikan memenuhi syarat Presiden 20 persen presidential threshold kursi di DPR RI.

Jika digabungkan ketiganya memiliki angka 28,35 persen  presidential threshold yang artinya cukup untuk jadi tiket Anies menjadi Capres di 2024.

Meski telah sepakat, namun koalisi yang mengusung Perubahan tersebut belum juga menggelar deklarasi bersama dan menentukan calon wakil presiden yang akan menemani Anies Baswedan.

Bahkan PKS direncanakan baru akan mendeklarasikan dukungan secara resmi pada 24 Februari mendatang pada Rapat Badan Majelis Syuro PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dalam beberapa kesempatan bertemu dengan Anies Baswedan dan menampilkan keakraban.

Keduanya meski demikian Demokrat menyerahkan sepenuhnya nama Calon Wakil Presiden kepada Anies Baswedan.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral