Anwar Usman & Saldi Isra Resmi Dilantik Jadi Ketua dan Wakil MK

Senin, 20 Maret 2023 - 13:25 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anwar Usman resmi dilantik menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2023-2028. Sementara, Saldi Isra resmi dilantik sebagai Wakil Ketua MK.

Anwar Usman dan Saldi Isra mengucap sumpah jabatan sebagai Ketua dan Wakil Ketua di Gedung Utama MK, Jakarta Pusat pada Senin (20/3/2023).

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Anwar mengucapkan sumpah.

Usai mengucapkan sumpah, Usman kemudian dengan menandatangani berkas pelantikan bersama Plt. Ketua MK, Heru Setiawan. 

Kemudian dilanjut dengan pengucapan sumpah Wakil Ketua MK, Saldi Isra. "Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Wakil Ketua MK dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Saldi bersumpah.

Berdasarkan pantauan tvOnenews, Presiden RI Jokowi turut hadir menyaksikan pengucapan sumpah Anwar Usman dan Saldi Isra.

Adapun sejumlah Menteri dan Anggota DPR/MPR yang hadir. Beberapa di antaranya yakni Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Menhub Budi Karya Sumadi, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Menkumham Yasonna H Laoly, Kepala BNPT Boy Rafli Amar, hingga Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.

Selain itu, ada juga Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, politikus PPP Arsul Sani, politikus Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, hingga politikus PKS Aboe Bakar Al Habsyi.

Perlu diketahui, jabatan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) kembali dijabat Anwar Usman, setelah dilakukan pemungutan suara ulang dalam Rapat Pleno 

Hakim untuk Pemilihan Ketua MK dan Wakil Ketua MK, di Kantor MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2023).

Dalam proses perhitungan suara atas pemungutan suara putaran ketiga yang diikuti 9 Hakim Konstitusi, Anwar Usman memperoleh 5 suara, atau lebih tinggi dari Arief Hidayat yang memperoleh 4 suara.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral