Pantauan Persiapan Jelang Parade Ogoh-Ogoh di Bali

Selasa, 21 Maret 2023 - 14:20 WIB

Bali, tvOnenews.com - Satu hari menjelang Hari Raya Nyepi yang akan digelar oleh umat Hindu di Denpasar, Bali, beberapa persiapan telah dilakukan sejak Selasa (21/3/2023) pagi.

Para masyarakat atau para pemuda yang akan mengarak ogoh-ogoh telah menyiapkan ogoh-ogohnya di pinggir jalan.

Data dari pihak kepolisian setempat, sudah disiapkan sebanyak 500 lebih ogoh-ogoh yang akan diarak oleh para masyarakat yang ada di Kota Denpasar.

Untuk pengamanan malam Hari Raya Nyepi sendiri, sebanyak 700 personel polisi dari Polres Denpasar dan Polda Bali telah disiapkan.

Selain itu, perayaan Hari Raya Nyepi tahun ini kemungkinan bisa bertepatan dengan malam pertama pelaksanaan shalat tarawih bagi umat muslim di bulan Ramadhan.

Desa Adat Kuta mengimbau warga umat muslim untuk melaksanakan salat Tarawih di rumah.

Berdasarkan hasil kesepakatan seruan bersama, dicetuskan pelaksanaan shalat tarawih di masjid diperbolehkan bagi warga yang tinggal radius 100 meter dari masjid.

Majelis adat desa dan Majelis Ulama Provinsi Bali menyepakati agar umat muslim salat Tarawih di rumah pada perayaan Hari Raya Nyepi.

Namun bagi yang tinggal dekat masjid atau mushola tetap diperbolehkan dengan berjalan kaki, tidak bergerombol, tidak menggunakan pengeras suara, dan menggunakan lampu penerangan yang terbatas.

Kesepakatan ini dikeluarkan supaya tidak menimbulkan gejolak di masyarakat antar umat Muslim dan Hindu di Denpasar, Bali.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral