Mengenal Tradisi Salat Tarawih Cepat di Ponpes Mambaul Hikam Blitar

Sabtu, 25 Maret 2023 - 09:22 WIB

Blitar, tvOnenews.com - Pondok Pesantren Mambaul Hikam di Blitar, Jawa Timur menggelar salat tarawih cepat. Sejarah salat tarawih yang berlangsung cepat ini diketahui pertama kali dilakukan oleh pendiri pondok tersebut yaitu KH Abdul Ghofur sekitar tahun 1907 silam.  

Pondok Pesantren Mambaul Hikam di Blitar Jawa Timur menggelar salat tarawih cepat dengan total jumlah rakaat tarawih dan witir adalah 23 rakaat. 

Agar tidak ketinggalan, para jamaah bahkan telah berada di halaman Pondok Pesantren Mambaul Hikam selepas berbuka puasa untuk mendapatkan tempat salat atau saf yang terbaik. 

Salat tarawih dan witir 23 rakaat ini berlangsung sangat cepat yaitu kurang dari 10 menit.  Gerakan salat tidak berubah sama sekali dengan bacaan salat yang cepat. Para jemaah pun  mengaku sudah terbiasa dengan salat tarawih di pondok ini. 

Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam mengatakan bahwa salat tarawih cepat ini menjadi tradisi pesantren selama satu abad lebih. 

Meskipun dilakukan dengan cepat, namun pihak pesantren memastikan tidak ada rukun salat yang tertinggal. Berikut selengkapnya. (ayu)  

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral