Mengurai Antrean Panjang, Pemudik Dibagi ke Dua Jalur Pelabuhan Merak dan Ciwandan

Jumat, 21 April 2023 - 09:39 WIB

Banten, tvOnenews.com - Sejumlah pemudik di Pelabuhan Merak, Banten hingga Jumat (21/4/2023) dini hari terus meningkat, antrean kendaraan sepeda motor terus berdatangan dan membuat kantong parkir di Dermaga Pelabuhan Merak penuh. Hal ini pun membuat pemerintah melakukan kebijakan baru dengan membagi dua jalur pelabuhan. 

Diketahui, hingga kemarin 633.000 lebih pemudik telah berangkat dari pelabuhan Merak menuju Bakauheni dan telah diangkut menggunakan 50 unit kapal. Guna mengatasinya, pemerintah pun membagi jalur menjadi dua yaitu jalur Pelabuhan Merak dan Ciwandan. 

Pelabuhan Ciwandan dan Panjang akan digunakan untuk sepeda motor dan angkutan barang, Sementara itu di Pelabuhan Merak-Bakauheni untuk para kendaraan roda empat. Hal ini diupayakan guna memecah kepadatan yang ada di pelabuhan. 

Selain itu, Menhub menyatakan, kejadian pada mudik lebaran tahun lalu menjadi pelajaran berharga dan menjadi momentum bagi para pemangku kepentingan untuk betul-betul mempersiapkan arus mudik dan balik lebaran lebih baik lagi pada tahun ini.

Mengingat Pelabuhan Merak-Bakauheni menjadi salah satu titik krusial yang menjadi perhatian utama. Harapannya, kepadatan penumpang dan kendaraan di masa arus mudik dan balik masih terkendali. Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:23
03:15
01:19
06:20
02:53
Viral