Cuaca Panas Menyebabkan Mobil Terbakar? Ini Penjelasan Pengamat Otomotif

Rabu, 26 April 2023 - 13:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengamat Otomotif, Fitra Eri mengatakan ada beberapa penyebab kenapa mobil dapat terbakar seperti kasus di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Menurut Eri, penyebab mobil terbakar secara umum itu ada empat. Pertama itu karena perawatan yang buruk. 

Kedua, biasanya ada kebocoran bahan bakar. Kebocoran cairan.  Ketiga itu adalah akibat modifikasi.

“Modifikasi yang dilakukan di sistem kelistrikan dan sedangkan untuk cuaca panas sendiri itu mungkin penyebab yang keempat, tapi sangat-sangat kecil. Sangat tidak signifikan,” tutur Eri.

Eri juga mengatakan bahwa meskipun cuaca panas tidak dapat membakar mobil, tapi cuaca panas dapat memicu terjadinya kebakaran.

“misalnya kalau di dalam mobil ada bahan yang mudah terbakar, seperti bensin atau alkohol. Alkohol ini ada di hand sanitizer, ada di parfum yang ketika cuaca meningkat dia bisa bertambah tekanannya kemudian mungkin dia pecah dari dari casingnya dan kemudian memicu api. Atau ketika kita meletakkan sesimpel meletakkan botol minum. Botol minum itu seperti lensa jadi ketika terkena matahari di sudut tertentu walaupun kemungkinannya sangat kecil, di sudut tertentu dia bisa membuat efek seperti loop atau efek seperti kaca pembesar yang ketika terkena matahari dia akan mengkonsentrasikan sinar matahari menjadi satu titik panas yang itu bisa membakar misalnya jok mobil,” jelas Eri.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral