Nasdem Usung Anies, Jokowi "Jaga Jarak"

Sabtu, 6 Mei 2023 - 20:27 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memahami tak diundang dalam pertemuan para ketua umum (ketum) partai politik (parpol) koalisi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Surya Paloh menilai NasDem dianggap sudah tidak sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi. 

Presiden Joko Widodo pun buka suara soal absennya Partai Nasdem dalam pertemuan enam ketua umum (ketum) parpol dengan dirinya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (2/5/2023). 

Jokowi mengungkapkan, dirinya tidak mengundang Nasdem ke pertemuan itu. 

"Ya memang (Nasdem) nggak diundang," ujar Jokowi saat memberikan keterangan kepada wartawan usai meninjau kegiatan perdagangan di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Jokowi pun menegaskan bahwa Nasdem tidak diundang karena sudah memiliki koalisi sendiri untuk menghadapi Pemilu 2024. 

Di sisi lain, enam parpol lain juga ingin membentuk koalisi lain untuk hal yang sama. 

"Nasdem itu, ya kita harus bicara apa adanya, kan sudah memiliki koalisi sendiri. Dan ini gabungan partai yang kemarin berkumpul itu kan juga ingin membangun kerja sama politik yang lain," jelas Jokowi.

Jokowi pun menilai keenam parpol koalisi pendukung pemerintah tentu memiliki strategi besar untuk persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Sehingga, sebagai parpol yang telah memiliki koalisi sendiri, lanjut Jokowi, tidak pas jika Nasdem mengetahui strategi koalisi lain. 

"Mestinya ini kan memiliki strategi besarnya apa, ya masa yang di sini tahu strateginya. Kan mestinya ndak seperti itu," paparnya.

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh pun angkat bicara mengenai hal ini.

Surya Paloh mengatakan Presiden Joko Widodo tak lagi menganggap partainya bagian dari koalisi pemerintah.

Namun, Surya Paloh mengaku menghormati keputusan tersebut. Paloh mengklaim, ia memahami langkah politik yang dipilih Jokowi saat ini.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral