Puluhan Ibu-Ibu Jadi Korban Tipu-Tipu Belanja Online dengan Modus Kerjasama

Jumat, 2 Juni 2023 - 09:28 WIB

Cianjur, tvOnenews.com - Puluhan ibu-ibu di Cianjur, Jawa Barat mendatangi pihak kepolisian lantaran menjadi korban penipuan dari 3 orang pelaku yang mengaku sebagai petugas dari salah satu toko belanja online. DIketahui, total kerugian pun mencapai belasan juta rupiah. 

Kasus ini bermula ketika pelaku melakukan modusnya dengan cara mengiming-imingi korban dengan memberikan uang sebesar 300.000 rupiah apabila sang korban mau bermitra dan memasang spanduk di toko atau warung miliknya. 

Sebelum terjadi persetujuan dari pemilik warung, komplotan tersebut terlebih dahulu meminjam ponsel korban dengan dalil memverifikasi data diri, nomor telepon dan lain-lain untuk mendaftarkan menjadi mitra marketplace tersebut. 

Setelah diizinkan meminjam ponsel, pelaku pun melakukan aksinya dengan cara mengalihkan perhatian korban dengan cara berbincang dan membiarkan pelaku bisa melakukan verifikasi wajah. 

Hasil verifikasi korban tersebut pun digunakan oleh pelaku untuk mendapatkan data diri dan menarik pinjaman uang dari beberapa situs pinjaman online dengan menggunakan akun 

Akibat kejadian ini, total kerugian yang diterima oleh korban berkisar 6 juta rupiah hingga 16 juta rupiah dari setiap akun milik korban. 

Aparat Kepolisian Polres Cianjur yang menerima pengaduan ini pun langsung memeriksa dan meminta keterangan dari para korban guna penyelidikan lebih lanjut. Berikut selengkapnya. (ayu)  

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral