Pemerintah Berencana Sensor Konten di Platform Netflix & Youtube

Selasa, 22 Agustus 2023 - 12:57 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mewacanakan untuk menyensor konten di platform Over The Top (OTT) seperti YouTube, Netflix, dan juga Disney Hotstar.

Alasannya agar masyarakat Indonesia tidak terpapar hal-hal di luar etika.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengungkapkan rencana pemerintah itu di Tarakan, Kalimantan Utara pada hari Minggu lalu.

Dikutip dari Antara, Usman mengatakan pihaknya saat ini tengah mengumpulkan para pemangku kepentingan untuk membahas penyensoran platform OTT, seperti Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Lembaga Sensor Film, pemain dalam OTT, dan lainnya.

Menurut Usman penyensoran dilakukan untuk keadilan antara penonton free to air (FTA) dan berbayar. Alasan lainnya adalah agar tidak banyak orang terpapar hal-hal di luar etika.

Dia menambahkan Kemenkominfo saat ini juga masih merundingkan siapa yang bertanggung jawab untuk menyensor. Pilihannya antara lain Kominfo, lembaga sensor film, atau komisi penyiaran Indonesia.

Rencananya penyensoran akan dilakukan oleh mitra yang bekerjasama dengan OTT. Prosesnya dilakukan sejalan dengan pemberian sulih teks atau sulih suara. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral