Jakarta Diguyur Hujan Imbas Modifikasi Cuaca

Rabu, 20 September 2023 - 10:06 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sejumlah wilayah di Jakarta diguyur hujan kemarin (20/9/2023). Hujan turun di tengah kualitas udara dalam kategori buruk. Meski tak begitu lama, hujan yang mengguyur sejumlah wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Utara ini cukup deras. 

Turunnya hujan di tengah polusi udara yang semakin buruk diketahui berasal dari faktor modifikasi cuaca yang dilakukan oleh tim BNPB dan BMKG. 

Tri Handoko Seto selaku Pakar Teknologi Modifikasi Cuaca BMKG menjelaskan pihaknya memang telah melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Banten yang memanfaatkan awan-awan yang tumbuh. 

Dirinya mengatakan,”awan itu kita beri perlakuan, kita modifikasi sehingga kemarin bersyukur hujannya cukup banyak ada yang di atas 30 ml dan 10 ml yang sangat bermanfaat untuk mengurangi polutan,” jelasnya.  

Adapun sejumlah faktor-faktor yang mendukung dalam proses modifikasi cuaca seperti faktor global, regional, gelombang-gelombang atmosfer dan memperhatikan kelembaban serta kecepatan angin. 

Semua hal tersebut butuh dianalisis terlebih dahulu sebelum dilakukannya modifikasi cuaca. Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:44
01:26
01:56
09:42
15:09
07:45
Viral