Panglima TNI & Kapolri Tandatangani Komitmen Netralitas Pemilu 2024

Senin, 27 November 2023 - 12:45 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) diagendakan akan menggelar deklarasi pemilu damai di Gedung KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta pada Senin siang ini.

Deklarasi damai digelar mulai pukul 14.00 WIB. Dalam deklarasi pemilu damai 2024 KPU KPU mengundang tiga pasangan capres-cawapres dan juga seluruh pimpinan partai politik peserta pemilu.

Sebelumnya deklarasi Pemilu damai ini rencananya akan digelar di Gelora Bung Karno Jakarta. Namun KPU akhirnya mengubah lokasi acara menjadi di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat.

Deklarasi damai ini digelar beriringan setelah penandatanganan komitmen penegakan hukum terpadu yang digelar oleh Bawaslu pada pagi hari tadi.

TNI-Polri menyampaikan empat komitmen netralitas mereka dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menandatangani deklarasi empat komitmen itu dalam acara 

Agus dan Listyo naik ke atas panggung dan menandatangani deklarasi itu di depan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja.

Komitmen pertama, menjaga dan menegakkan prinsip netralitas. Kedua, menghindari konflik kepentingan dan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu. 

Ketiga, bersama-bersama melakukan upaya pencegahan pelanggaran pemilu dan politik uang. 

Terakhir, atau keempat, saling bersinergi untuk menjaga kondusivitas penyelenggaraan pemilu. 

Dalam acara rapat koordinasi yang diselenggarakan Bawaslu itu, ketiga pasangan calon presiden-wakil presiden turut hadir. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral