Gempa Bumi Magnitudo 4,8 Guncang Sumedang Tepat di Malam Pergantian Tahun

Senin, 1 Januari 2024 - 08:08 WIB

Sumedang, tvOnenews.com - Gempa bermagnitudo 4,8 terjadi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Minggu malam, tepat pada pergantian tahun dan kepanikan pun terjadi di sejumlah wilayah.

Bahkan seluruh pasien RSUD Sumedang dievakuasi keluar gedung untuk sementara.

Puluhan warga dan petugas gabungan yang melakukan pengamanan malam pergantian tahun di alun-alun Sumedang tampak panik memenuhi jalan raya dan melantuntan taklil.

Gempa yang terjadi ketiga kalinya dalam satu hari ini membuat ratusan pasien Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang dievakuasi keluar gedung.

Ratusan pasien RSUD itu akan dirawat sementara secara darurat di area luar gedung hingga kondisi aman.

Pihak BPBD masih melakukan inspeksi ke sejumlah lokasi untuk memastikan total kerusakan.

Informasi terbaru, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan gempa bumi berkekuatan 4,8 magnitudo yang mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dipicu oleh sesar aktif yang masih belum terpetakan.

Daryono mengatakan kejadian gempa bumi ini menjadi perhatian serius pihaknya untuk mempelajari titik sesar gempa yang belum terpetakan untuk meminimalisir banyaknya korban jiwa. 

Dia mencontohkan gempa Cianjur (Jawa Barat, 2022) sebagai bencana yang sesar gempanya belum terpetakan sebelumnya. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral