Mengenal Mbah Harjo Mislan, Jemaah Haji Tertua se-Indonesia

Kamis, 9 Mei 2024 - 12:47 WIB

Ponorogo, tvOnenews.com - Seorang kakek berusia 109 tahun asal Ponorogo Jawa Timur menjadi calon jemaah haji tertua se-Indonesia.

Mbah Harjo Mislan tetap semangat untuk menunaikan ibadah haji meski kesehariannya menggunakan sebuah tongkat untuk berjalan.

Harjo Misal yang berusia 109 tahun merupakan warga Bedingin Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo yang merupakan calon jemaah haji tertua se-Indonesia.

Tergabung dalam kloter 19 dan akan berangkat dari Embarkasi Surabaya.

Di usianya yang sudah satu abad lebih, Mbah Harjo mislan tetap semangat untuk menunaikan ibadah haji.

Meski terkadang kesehariannya menggunakan sebuah tongkat untuk berjalan Mbah Harjo nampak lancar untuk berjalan tanpa dibantu orang lain.

Harjo saat disinggung rahasianya bisa tetap bugar di usia senjanya mengatakan bahwa dirinya hanya berolahraga senam, kadang juga berolahraga lari cepat.

Ia yang dulu sempat juga menjadi seorang Pejuang 1945 atau Veteran kemudian mendedikasikan sebagai petani dan perangkat desa sebagai Bayan mulai dari tahun 1967-1990.

Sang anak yang mendampingi mengatakan bahwa sang bapak sudah lama menabung untuk berhaji, namun baru mendaftar pada 2019 lalu. Rahasia Mbah Harjo bisa tetap bugar di usia senjanya, dengan selalu menerima apa adanya.

Sementara itu pembina dan pengasuh Pondok Pesantren Darul Huda K.H Abdus Sami Hasyim menjelaskan jika Mbah Harjo selama ini tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah haji Al Haramain.

Mbah Harjo mengikuti manasik dan bimbingan haji berjalan lancar tanpa ada kendala.

Kakek yang memiliki 15 cucu ini sedianya akan berangkat pada 15 Mei mendatang bersama dengan 618 jemaah haji lainnya dari Ponorogo.

Rencananya Mbah Harjo akan berangkat bersama anak keduanya yang sekaligus menjadi pendampingnya selama menunaikan ibadah haji. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral