Detik-detik Anggota DPRD Sulsel Meninggal Dunia Saat Ikuti Rapat Anggaran 2021 | tvOne

Rabu, 9 September 2020 - 09:59 WIB

Makassar, Sulawesi Selatan – Politikus Partai Golkar, Ince Langke, meninggal dunia ketika mengikuti Rapat Anggaran 2021 di gedung DPRD Sulawesi Selatan, Selasa, 8 September 2020. Detik-detik setelah Ince tak sadarkan diri diabadikan koleganya.

Kepanikan melanda ruang rapat ketika para anggota dewan melihat Ince terkulai lemas, saat dia diberi kesempatan berbicara membahas Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Beberapa orang di ruang rapat komisi langsung mencoba menolongnya. Mereka menurunkan Ince dari kursi dan merebahkannya ke lantai. Dalam video berdurasi 42 detik yang tersebar luas di media sosial itu juga terlihat seorang pria menepuk-nepuk lengan sambil memeriksa denyut nadi anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar daerah pemilihan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel itu. Namun Ince tetap tidak sadar.

“Tiba-tiba dia berhenti. Saya pukul Rangga di sampingku, ‘Hei Rangga, kenapa itu?’ Rangga tarik naik. ‘Kenapa, Kakak?’ Tidak menjawab dia (Ince) cuma agak sulit bernapas. Tiba-tiba jatuh. Kan dia agak maju karena naik kan. Nah tiba-tiba dia jatuh ke belakang. Saya langsung tutup sidang, dan kita lompat ramai-ramai ke situ,” ujar Sekretaris Dewan DPRD Sulsel, Muhammad Jabir yang berada dalam satu ruangan bersama korban.

Ince kemudian langsung dilarikan ke Rumah Sakit Awal Bros Makassar, yang terletak di sebelah gedung DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. Kemudian dokter menyatakan Ince telah meninggal dunia.

Jenazah Ince Langke disemayamkan di Gedung DPRD Sulawesi Selatan sebelum diserahkan ke keluarga. Almarhum dikebumikan di kampung halamannya di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ince Langke berhasil duduk di kursi DPRD Sulsel setelah meraih mayoritas suara di Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar. Sebelum maju pada Pemilihan Legislatif tahun 2019, Ince menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten Selayar. Ketika lolos sebagai anggota DPRD Sulsel, Fraksi Golkar menempatkannya di posisi Wakil Ketua Komisi E. Almarhum dilantik pada 24 September 2019. Namun belum genap setahun menduduki jabatan di Komisi E, Ince meninggal dunia.

Almarhum Ince Langke dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Barugaiya, Kepulauan Selayar, Rabu 9 September 2020. Ia dikebumikan di sana karena dianggap telah berjasa memperjuangkan rakyat Selayar di parlemen selama hampir 20 tahun berkarier dalam politik. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:50
01:01
03:57
04:33
03:48
05:06
Viral