30 Kios Pedagang di Pasar Cengkareng Jakarta Barat Ludes Terbakar, 7 Mobil Damkar Dikerahkan

Kamis, 10 September 2020 - 09:50 WIB

Jakarta – Sebanyak 30 kios pedagang di pasar modern di Jalan Semanan Raya, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat hangus dilalap Sijago merah. Kebakaran yang terjadi pada Rabu malam, 9 September 2020, diduga akibat hubungan arus pendek listrik dari sebuah bangunan sekitar pasar.

Menurut keterangan saksi, api berasal dari bangunan semi permanen yang berada di sekitar pasar modern dan merembet ke bangunan pasar modern. Angin kencang membuat api terus membesar dan dengan mudah menghanguskan kios-kios pedagang.

Pada saat kejadian warga dan pedagang yang sudah berada di lokasi kebakaran, berupaya menyelamatkan barang dagangan. Namun demikian, tak sedikit pemilik kios yang hanya bisa pasrah dan tak kuasa menahan tangis karena mata pencaharian mereka lenyap dalam seketika dilalap api.

Sebanyak 7 unit mobil pemadam kebakaran dari dinas PMK Jakarta Barat dikerahkan ke lokasi kebakaran. Belasan petugas dan dibantu warga berupaya memadamkan api yang terus membesar dan melalap seperti kios pedagang ikan, sayuran, sembako dan juga warung-warung makan.

Proses pemadaman sendiri membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Namun karena material bangunan kios yang mudah terbakar serta angin kencang, membuat api dengan mudah merembet ke seluruh bangunan kios.

Setelah api berhasil dipadamkan, petugas langsung menyisir sekitar lokasi kios-kios yang terbakar. Menurut petugas Damkar tidak ditemukan korban jiwa dalam bencana kebakaran tersebut. Adapun kerugian yang diderita pedagang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.   

Hingga berita ini diturunkan, api sudah berhasil dipadamkan. Hanya tampak puing-puing kios dan harta benda pedagang yang hangus terbakar. Garis polisi tidak terlihat dilokasi kebakaran. Hanya ada tali tambang plastik yang melingkar dan mengelilingi lokasi sisa kebakaran. Tak ada aktivitas jual beli di pasar modern Semanan saat ini, hanya tampak pedagang yang duduk-duduk.

Saat akan di konfirmasi melalui sambungan telepon, Kapolsek Cengkareng, Jakarta Barat dan Kanit Reskrim Polsek Cengkareng belum memberikan jawaban terkait insiden kebakaran di pasar modern Semanan, Cengkareng. Petugas kepolisian belum bisa memastikan penyebab pasti dari kebakaran karena masih dalam proses penyidikan. (NER)

(Lihat juga: PSBB diberlakukan kembali)

 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral