Amerika Serikat Akan Mengurangi Jumlah Pasukannya di Irak | tvOne

Kamis, 10 September 2020 - 11:40 WIB

Baghdad, Irak,- Amerika Serikat akan mengurangi jumlah pasukannya di Irak pada bulan ini. Rencana penarikan pasukan ini disebut sebut telah disiapkan sejak lama.

Selanjutnya militer Amerika Serikat hanya akan menyisakan tiga ribu pasukan. Saat ini, jumlah pasukan Amerika di kamp Taji, Baghdad, Irak, berjumlah 5.200 pasukan.

"Setelah konsultasi dan koordinasi dengan pemerintah Irak dan rekan koalisi kami, AS memutuskan untuk mengurangi kehadiran tentara di Irak dari sekitar 5.200 menjadi 3.000 personel pada September," kata Kepala Komando Pusat militer AS, Jenderal Frank McKenzie seperti dikutip afp, rabu 9 september 2020.

Saat kunjungan ke Irak, McKenzie menyatakan pengurangan pasukan  mencerminkan kepercayaan AS terhadap kemampuan pasukan keamanan irak yang telah dilatih sebelumnya . Pasukan Irak telah dilatih oleh pasukan AS untuk mampu menangani segala ancaman dari kelompok ISIS.

Meski akan melakukan penarikan pasukan, namun McKenzie memastikan bahwa AS akan tetap membantu militer Irak dalam upaya memberantas kelompok militan ISIS yang masih terserak di beberapa kawasan.

Penarikan pasukan yang segera dilakukan ini merupakan janji presiden Donald Trump pada kampanye empat tahun lalu. Janji ini kembali ditegaskan dalam kampanye tahun ini. 

Selain dari Irak, AS juga berencana menarik pasukannya di Afghanistan. Sesuai dengan kesepakatan antara Washington dan taliban pada februari lalu. AS kini masih mengerahkan 8.600 personel di afghanistan. (ito)

(Lihat juga: Cina india memanas, india perketat penjagaan di perbatasan)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral