13 Pedagang dan 12 Warga Sekitar Positif Corona, Pasar Kalimati Jakpus Ditutup | tvOne

Jumat, 18 September 2020 - 16:41 WIB

Jakarta - Sebanyak 13 orang pedagang Pasar Kalimati yang berada di kelurahan Karet Tengsin, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat dinyatakan positif terjangki virus Covid-19, dan berimbas penutupan pasar selama tiga hari mulai Rabu 16 September hingga Jumat 18 Sepetember 2020.

Lurah Karet Tengsin, Hari Ananda menjelaskan, 13 pedagang yang terkonfirmasi positif terjangkit virus Covid-19 diketahu setelah mereka mengikuti rangkaian tes cepat massal yang dilakukan oleh petugas medis Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Minggu lalu ada tes cepat pedagangan dan warga. Nah, ada 29 orang yang reaktif, kemudian setelah dilakukan tes swab hasilnya 25 orang yang positif, 13 orang di antaranya pedagang," jelas Hari pada Kamis 17 September 2020.

"Pasar Kalimati tersebut langsung ditutup selama tiga hari dan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan," kata Hari.

"Pada kegitaan penyemprotan tersebut, kami menerjunkan 30 personel terdiri dari jajaran tiga pilar, Satpol PP, ASN, FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), dan Unsur RT serta RW," tambahnya.

Sementara itu, untuk temuan 12 orang warga yang juga terpapar virus Covid019, Hari melakukan penanganan yang serupa dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan area pemukiman dari warganya yang terkonfirmasi positif virus COvid-19 tersebut.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah menutup sejumlah pasar yang ada di Jakarta yang pedaganganya dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19. Pedagang yang positif terinfeksi virus Corona tersebut diminta mengisolasi diri secara mandiri.

Jajaran Dinas Kesehatan DKI juga telah melakukan tracing dan testing terhadap seluruh anggota keluarga dan orang-orang disekitar yang berinteraksi dengan para pedagang tersebut. (adk)

 

(Lihat Juga: Sejumlah Pasar di Jakarta Ditutup Setelah Ditemukannya Pedagang yang Terpapar Covid 19)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral