GEGER! Bandar Narkoba Terpidana Mati Asal China Kabur dari Lapas dengan Menggali Saluran Air | tvOne

Sabtu, 19 September 2020 - 12:22 WIB

Jakarta,- Bandar narkoba terpidana mati asal China kabur dari lembaga pemasyarakatan kelas IA Tangerang, Banten. Terpidana mati Cai Ji Fan kabur melalui gorong gorong atau saluran air dengan cara menggali tanah.

“Kejadiannya pagi. Namanya warga pada melihat, ya saya juga melihat. Kayanya digedor (lubang pelarian) kemarin,” kata warga saksi mata, Suhandi, Sabtu, 19 September 2020.

Terpidana mati kasus narkotika, Cai Chang Pan alias Cai Ji Fan berhasil melarikan diri dari lembaga pemasyarakatan kelas IA Tangerang, Banten pada senin lalu. Namun peristiwa itu baru diketahui pada jumat pagi 18 September 2020.

Bandar narkotika berusia 50 tahun itu divonis mati pada tahun 2016 tersebut berhasil kabur melalui gorong gorong atau saluran air. Gorong gorong itu berada tepat di bawah menara pantau pada bagian samping lapas.

Diduga Cai Chang Pan kabur seorang diri dengan cara menggali tanah untuk melalui dinding lapas. Lubang bekas galian nampak hanya bisa dimasuki oleh satu orang.

Kaburnya tahanan dari lapas kelas IA kini masih dalam penyelidikan pihak Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM.

Rencana melarikan diri Cai Chang Pan diduga kuat melibatkan oknum sipir. Hal ini mengingat membuat jalur tikus seperti itu membutuhkan proses yang lama, karena lubang yang dibuat Cai Chang Pan menembus langsung saluran air di belakang lapas.

Selain itu, Cai Chang Pan diduga kuat memanfaatkan kelengahan petugas yang tak pernah mengontrol ruang tahanan. Pasalnya, lubang dibuat dari kamar tahanannya.

Selain membantu membuat lubang untuk kabur, keterlibatan orang dalam proses pelarian juga diyakini berperan karena Cai Chang Pan tak akan paham dengan kondisi Tangerang dan Jakarta. (ito)
 

(Lihat Juga: viral, pakai rompi relawan covid-19 malah langgar aturan psbb)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
01:40
02:00
02:22
02:28
01:11
Viral