Pilkada 2020: Gibran dapat Nomor Urut 1, Bobby Nomor Urut 2 | tvOne

Jumat, 25 September 2020 - 18:49 WIB

Solo, - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa mendapatkan nomor urut 1. Sementara, pasangan Bagyo Wahyono-FX Suparjo alias Bajo mendapatkan nomor urut 2.

Hasil ini diperoleh saat pengundian nomor urut peserta Pilkada Kota Solo 2020 dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo,  Kamis 24 September 2020. "Menetapkan paslon Gibran-Teguh nomor urut 1 dan paslon Bagyo Wahyono-FX Supardjo nomor urut 2," kata Ketua KPU Solo, Nurul Sutarto.

Nurul menuturkan, pengundian nomor calon dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, menentukan pasangan yang berhak lebih dulu untuk mengambil nomor undian. Pasangan Bajo mendapat giliran lebih dahulu karena datang di lokasi lebih awal yakni pukul 12.47 WIB. Sementara Gibran-Teguh hadir jam 12.50 WIB.

Pengundian tahap pertama yang dilakukan calon wakil wali kota. Teguh Prakosa mendapatkan nomor undian 1 dan FX Suparjo memperoleh nomor urut 6. Alhasil, Gibran-Teguh menjadi yang pertama memilih undian nomor urut.

KPU Kota Solo memastikan pengundian nomor urut ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Peserta yang hadir pun dibatasi. KPU bahkan membatalkan sejumlah undangan karena ketentuan PKPU No 13 Pasal 55 soal Pembatasan Peserta Rapat.

Sementara itu, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bobby Afif Nasution yang berpasangan dengan Aulia Rachman mendapat nomor dua dalam Pilkada Medan. Sedangkan nomor urut 1 diperoleh pasangan Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi.

Pengundian nomor urut pada Pilkada Medan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya lantaran hanya dihadiri pasangan calon, perwakilan Bawaslu kabupaten/kota sesuai tingkatan sebanyak dua orang, penghubung pasangan calon sebanyak satu orang, dan lima dari KPU. Ini dilakukan untuk menghindari potensi kerumunan sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

Meski demikian, kegiatan pengundian tersebut disiarkan secara live di akun Facebook KPU Medan agar dapat disaksikan pendukung paslon maupun masyarakat. Setelah pengundian nomor urut, dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Untuk diketahui, pasangan Akhyar-Salman didukung partai PKS dan Demokrat. Sementara pasangan Bobby-Aulia Rachman didukung delapan partai politik yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Gerindra, PAN, Nasdem, Hanura, PSI, dan PPP.(TOZ)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral