Tetapkan Nomor Urut di Sumbar dan Kalteng, KPU Laksanakan Protokol Kesehatan Ketat | tvOne

Jumat, 25 September 2020 - 18:45 WIB

Padang, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat menggelar pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. Pengundian berlangsung di Hotel Grand Inna Muara Padang 24 September 2020.

Rapat pleno berlangsung dalam protokol kesehatan yang ketat. Dalam rapat pleno, hanya pasangan calon dan satu orang liaison officer (LO) yang diperkenankan masuk ruangan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan yang bisa berdampak pada penularan virus corona.

Anggota DPR-RI asal Partai Demokrat, Mulyadi yang berpasangan dengan Ali Mukni (Bupati Padang Pariaman) mendapat nomor urut 1. Sementara Nasrul Abit (Wakil Gubernur Sumatera Barat saat ini) yang berpasangan dengan Indra Catri (Bupati Agam saat ini) mendapat nomor urut 2.

Anggota DPR-RI asal Partai Demokrat, Mulyadi yang berpasangan dengan Ali Mukni (Bupati Padang Pariaman) mendapat nomor urut 3. Terakhir Mahyeldi (Wali Kota Padang sekarang) dan pasangannya, Audy Joinaldy mendapat nomor urut 4.

Untuk diketahui Mahyeldi-Audy yang diusung koalisi PKS dan PPP, Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung Gerindra, Fakhrizal-Genius Umar dari koalisi Golkar, PKB dan Nasdem, serta Mulyadi-Ali Mukhni dari koalisi Demokrat dan PAN.

Penetapan nomor urut juga dilakukan KPU Provinsi Kalimantan Tengah. Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Ben Brahim S. Bahat-Ujang Iskandar mendapat nomor urut satu. Sedangkan nomor urut dua diperoleh pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Penetapan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng itu dilaksanakan secara terbuka namun dengan jumlah peserta terbatas sesuai protokol kesehatan COVID-19. Masyarakat atau pendukung paslon bisa menyaksikan tayangan langsung di akun media sosial resmi KPU Kalteng.

Pasangan Ben-Ujang diusung tiga partai politik yakni Demokrat, Gerindra dan Hanura dengan perolehan kursi di DPRD Kalteng sebanyak 12 kursi. Sugianto-Edy diusung delapan partai politik yakni PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PPP, PKB, Perindo, PKS dan PAN dengan dengan 33 kursi di DPRD Kalteng.(TOZ)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral