127 Santri Positif Corona, Pondok Pesantren di Banyumas Dilockdown | tvOne

Sabtu, 26 September 2020 - 16:20 WIB

Jakarta, tvOne

Pasca dilakukan swab total terhadap santri di pondok pesantren dan ditemukan kasus positif covid-19 di Kabupaten Banyumas Jawa Tangah, kini pondok pesantren ditutup. Penutupan bertujuan untuk mencagah santri keluar ke lingkungan sekitar dan untuk mencegas orang luar masuk ke area pondok pesantren. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan lebih luas.

Area radius seratus meter dari gerbang masuk pesantren Al Hidayah di Karangsuci, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah kini dijaga ketat. Penjagaan ketat dilakukan setelah temuan 127 santri di pondok tersebut positif covid-19. Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas telah melakukan swab terhadap 600 santri dan guru di pondok pesantren tersebut. Tinggal menunggu hasil.

Para orang tua santri dan donatur berdatangan mengirim makanan serta bantuan lainnya. Mereka berharap kondisi dapat segera pulih.

Angka positif dari kluster pondok pesantren di Kabupaten Banyumas tertinggi dibanding klaster lainnya. Dari hasil swab tahap pertama ditemukan 138 positif. Dari pondok pesantren Al Hidayah 127 kasus positif covid-19 dan 11 kasus positif covid-19 lainnya dari pondok pesantren Roudotul Quran di Kecamatan Sumbang.

Bupati Banyumas akhirnya mengeluarkan surat edaran untuk menghentikan kegiatan belajar secara tatap muka di pondok pesantren. Pengelola pondok pesantren juga diminta untuk katat menjalankan protokol pencegahan penularan covid-19. JEG

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral