Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Sulawesi Utara | tvOne

Selasa, 29 September 2020 - 19:21 WIB

Bogor, - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Manado Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer. Peresmian dilakukan melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa 29 September 2020.

Di Istana Bogor, Presiden didampingi Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey hadir langsung di Gerbang Tol Manado, Kota Manado.

Menurut Presiden, masyarakat bisa lebih cepat melakukan perjalanan dari Manado ke Bitung atau sebaliknya. "Yang dulu ditempuh 1,5 jam sekarang hanya setengah jam saja, ini sebuah kecepatan, perubahan kecepatan yang sangat berubah sekali," ungkap Presiden Jokowi.

Jalan Tol Manado-Bitung tersebut juga dirancang terintegrasi dengan industri dan kawasan pariwisata di Sulawesi Utara sehingga akan mempercepat akses, menjadi lebih mudah dijangkau, lebih cepat dikenal dan lebih mudah dikembangkan.

"Dengan jalan tol ini, biaya logistik dari pelabuhan internasional Bitung juga dapat ditekan sehingga lebih efisien, daya saing otomatis akan meningkat, Kawasan Ekonomi Khusus Bitung juga dapat dikembangkan menjadi lebih maju," tegas Presiden Jokowi.

Jalan Tol Manado-Bitung dioperasikan PT Jasamarga Manado Bitung (JMB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan dibangun dengan konsep Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Tol terpanjang di Pulau Sulawesi tersebut terdiri dari dua seksi, seksi I Manado-Airmadidi sepanjang (14,9 kilometer) yang dibangun pemerintah dan seksi II Airmadidi-Bitung (25,1 kilometer) yang dibangun PT JMB.

Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung dan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung) serta akan dilengkapi dengan 5 simpang susun dan 12 jembatan.(TOZ)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral