NGERI! Gegara Gempa Magnitudo 7,5 Sirine Tanda Ancaman Tsunami Berbunyi | tvOne

Selasa, 20 Oktober 2020 - 12:24 WIB

Alaska,- Gempa bumi magnitudo 7,5 mengguncang Alaska, Amerika Serikat. Pantai selatan Alaska sempat terancam tsunami

Sirene sebagai tanda peringatan tsunami yang berlaku di sebagian besar pantai selatan Alaska dan semenanjung Alaska, mulai berbunyi sekitar pukul satu siang waktu setempat, atau pukul 04.00 WIB dini hari.

Peringatan tsunami dikeluarkan beberapa saat setelah gempa magnitudo 7,5 yang bertitik pusat di Sand Point, kota berpenduduk sekitar 900 orang. Ketinggian ombak sempat mencapai 0,6 meter. Namun dua jam kemudian peringatan tsunami diturunkan dari siaga menjadi waspada.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, ST, Dipl Seis, MSc menyebutkan dalam keterangan tertulisnya, lokasi tepatnya gempa bumi ini berada di lepas pantai tenggara Popof Island, Alaska, Amerika Utara, pada kedalaman 40 kilometer.

Berdasarkan data BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas pada lempeng Alaska. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip fault)," kata dia.

Berdasarkan informasi dari Pacific Tsunami Warning Center (PTWC), gempa bumi ini berpotensi menimbulkan tsunami lokal di sekitar wilayah Alaska dalam radius 300 kilometer dari pusat gempa. Pemantauan ketinggian muka air laut di sekitar pusat gempa menunjukkan adanya kenaikan muka air laut di beberapa stasiun tide gauge.

Di antaranya di Sand Point mencapai 1,4 meter, Dutch_Hbr_Unalaska setinggi 0,2 meter, dan Atka dengan ketinggian air muka laut 0,2 meter. (ito)

(Lihat juga: Fokus hadapi potensi serangan udara militer rusia luncurkan tembakan tvone)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral