Nahas! Penambang Batu Tewas Mengenaskan Akibat Tertimpa Longsor

Selasa, 27 Oktober 2020 - 09:43 WIB

Ngawi, Jawa Timur – Seorang penambang batu di Desa Karanggupito, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur tewas mengenaskan akibat terseret dan tertimpa longsoran batu dari tebing setinggi 30 meter. Peristiwa nahas itu terjadi Senin pagi, 26 Oktober 2020.

Kejadian berawal ketika Sukimin, pemilik tambang batu tradisional tengah beristirahat bersama dua pekerjanya usai menambang batu di lokasi yang ia kelola. Saat itu tebing tempat mereka beristirahat kondisinya sudah labil akibat diguyur hujan deras. Tempat yang baru mereka gali itu tiba-tiba longsor. Tanah dan bebatuan berukuran besar ambrol ke bawah menyeret Sukimin dari ketinggian 30 meter, sehingga korban juga tertimpa material longsor.

Sementara kedua rekan Sukimin berhasil menyelamatkan diri.

Dengan menggunakan alat seadanya, warga berusaha mengeluarkan Sukimin dari tumpukan batu dan tanah. Saat dievakuasi, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia. Masyarakat setempat langsung membawa jenazah Sukimin ke rumah duka.

Warga juga melapor ke pihak berwenang mengenai peristiwa yang menimpa korban. Polisi pun langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara.

Dari hasil pemeriksaan medis serta olah tkp petugas, kematian Sukimin disimpulkan sebagai kecelakaan kerja. Sementara penyebab longsor merupakan akibat dari penggalian yang dilakukan secara manual, tanpa memperhatikan atau memperhitungkan struktur tebing.

Sukimin merupakan penyewa lahan milik warga lain yang ia jadikan untuk menambang batu. Kegiatan itu dilakukan secara manual. Petugas dari Polsek Kendal mengaku telah memperingati pemilik lahan tentang bahayang menambang batu secara manual. Tetapi sebagian warga tetap membandel. (act)

(Lihat juga: TIGA ANAK TEWAS!! PERAHU WISATA KARAM)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral