Syekh Ali Jaber Terkejut, Kedatangan Akbar Bocah Viral Baca Al Quran | tvOne

Rabu, 11 November 2020 - 15:05 WIB

Bandung, Jawa Barat – Pendakwah Syekh Ali Jaber terkejut saat timnya mempertemukan Syekh Ali dengan Muhammad Ghifari Akbar, remaja pemulung yang viral karena membaca Alquran, saat Syekh safari dakwah di Bandung, Jawa Barat, Rabu, 11 November 2020. Keduanya akhirnya bertemu setelah Syekh Ali mengungkapkan dalam program Kabar Petang, Sabtu, 6 November 2020 lalu, ingin menjadi ayah asuh Akbar dan mengajaknya umrah.

“Saya sebenarnya dalam perjalanan safari dakwah dan saya punya target sekalian silaturahim ke rumah beliau (Akbar) dan keluarganya malah saya dapat kejutan dibawa oleh tim dibawakan ke lokasi acara, dan saya terkejut sekali ketika bisa bertemu dengan Akbar. Saya sudah niatkan untuk saya bertemu, saya yang datangi. Malah dapat kejutan,” kata Syeikh Ali saat melanjutkan safari dakwahnya di Cimahi, Jawa Barat.

Syekh Ali bercita-cita menjadikan Akbar sebagai imam besar. Di Mekkah dan Madinah nanti, ulama asal Arab Saudi ini berencana mempertemukan Akbar dengan sejumlah tokoh dan imam di Tanah Suci.

Syekh Ali juga berharap umrah bisa menjadi titik awal mulainya kehidupan baru yang penuh berkah bagi Akbar dan keluarga.

“Sebenarnya cita-cita saya untuk Akbar dan keluarga ini bukan hanya soal umrah, tapi berharap banyak hal. Masalah kebutuhan keluarganya, dibina, dan juga masalah pendidikannya, makanya saya harap ini beliau bisa betul-betul tercukupi masalah pendidikannya, masalah kebutuhannya, dan mudah-mudahan ini upaya dan usaha yang kami lakukan ini menjadi hanya ikhtiar. Dan saya niatkan umrah, saya ingin mulai dari kehidupan baru, mulai dari melangkah kehidupan baru, dunia pendidikan, belajar Alquran dan seterusnya, saya harap mulai dari langkahnya umrah itu awalnya semoga ke depan menjadi berkah,” imbuhnya.

Sementara Akbar kesulitan merangkai kata-kata dan mengungkapkan rasa bahagia atas berkah yang ia dapatkan dari Allah SWT.

“Saya gugup … saya tidak bisa mengungkapkannya,” kata Akbar yang duduk di samping Syekh Ali.

Akbar adalah pemulung berusia 17 tahun yang menarik perhatian warganet, karena membaca Alquran saat berteduh dari hujan di emperan toko Jalan Braga, Kota Bandung. Foto Akbar itu viral di media sosial sehingga membuat Syekh Ali berkeinginan mengangkatnya sebagai anak.

Akbar mengaku selalu membawa Alquran kemana pun dia pergi. Bagi Akbar, membaca Kitab Suci ini merupakan pelipur laranya.

“Jika saya sedang lapar tidak punya uang, saya lebih baik istirahat dan membaca Alquran dengan fokus, sudah selesai sudah kenyang jadi tidak mau makan lagi,” ujar Akbar menceritakan kisahnya.

Syekh Ali Jaber mengungkapkan saat ini dia dan timnya memiliki program “Satu Juta Penghapal Alquran”. Yayasannya juga bergerak dalam kegiatan membantu keluarga pemulung.

“Kami gerakkan kepada jamaah di setiap titik dakwah, satu keluarga berinfak satu dinar saja atas nama satu keluarga untuk membantu seluruh keluarga termasuk pemulung ini supaya menjadi penghapal Alquran dan diberikan perhatian pendidikannya dan fasilitas kehidupannya minimal layak sebagai manusia,” kata Syekh Ali. (act)

(Lihat juga: Akbar Bocah Pemulung Baca Alquran di Trotoar)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral