Jerman Utangi Indonesia Rp9,1 triliun Untuk Atasi Corona | tvOne Minute

Jumat, 20 November 2020 - 09:47 WIB

Jakarta, Klik Disini - Pemerintah Indonesia mendapatkan pinjaman dari Jerman sebesar 550 juta euro atau sekitar Rp 9,1 triliun. Perjanjian kerja sama pinjaman tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Luky Alfirman dan Kepala Bagian Sustainable Economic Development East and South East Asia Kreditanstalt für Wiederaufbau (KfW), Florian Sekinger. Adapun penandatanganan pinjaman itu dilakukan secara online, karena pandemi Covid-19.  


Kedutaan Besar Republik Federal Jerman mengumumkan penandatangan perjanjian utang senilai 550 juta euro atau setara Rp 9,1 triliun untuk Indonesia melalui halaman Facebook resminya. Penandatanganan tersebut dilakukan secara terpisah di Kantor bank pembangunan Jerman KfW, Frankfurt dan di Kementerian Keuangan, Jakarta pada Jumat, 14 November 2020. "Menyesuaikan dengan kondisi pandemi," tulis Kedubes Jerman dalam laman resminya di Facebook, Selasa (17 November 2020).

Kedubes Jerman mengatakan, pinjaman tersebut adalah bantuan untuk terus mendukung para mitranya, salah satunya Indonesia, dalam menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19). Seperti diketahui, saat ini pandemi corona telah terjadi lebih dari sembilan bulan dan masih menjadi tantangan di seluruh dunia.

Selain mendukung perluasan rumah sakit pendidikan di Makassar dan Malang, kerja sama pembangunan Jerman berkontribusi terhadap Covid-19 Active Response and Expenditure Support (CARES) I dan II, yang terdiri atas langkah-langkah penyediaan alat medis, peningkatan ekonomi, dan bantuan terarah untuk kelompok rentan. (ari)

(Lihat juga Bawaslu Temukan Banyak Kasus ASN Tidak Netral di Masa Kampanye Pilkada)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral