Semeru Muntahkan Lava Pijar, Warga Diminta Waspada Banjir Lahar Dingin | tvOne

Minggu, 29 November 2020 - 09:31 WIB

Lumajang - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur kembali mengeluarkan luncuran lava pijar. Luncuran lava pijar terlihat sekitar pukul 05.30 WIB dengan jarak luncur 300 meter dari puncak. 

 

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Jawa Timur tercatat dalam sebulan terakhir Gunung Semeru telah dua kali mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur 300 meter dari puncak kawah yang mengarah ke sisi tenggara. 

 

Secara visual, Gunung Semeru dapat teramati secara jelas. Asap kawah putih tampak terus muncul dari puncak kawah Gunung Semeru. Kawah putih bertekanan lemah dengan intensitas tipis dan tinggi 50 m di atas puncak kawah.

 

Hujan terjadi satu kali dengan intensitas gerimis hingga sedang. Letusan terpantau 3 kali yang tingginya mencapai kurang lebih 100 meter. Warna asap putih tebal dan condong ke arah barat daya. 

 

Data yang tercatat di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru pada tanggal 28 November 2020 pukul 00.00-24.00 WIB, Gunung Semeru telah mengeluarkan 7 kali letusan, embusan 10 kali dan tektonik jauh 2 kali.

 

Terpantau dari aliran sungai Besuk Sat di Desa Pasrujambe, Lumajang, Jawa Timur tampak guguran lava Gunung Semeru, yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa mengarah ke sisi tenggara.

 

Meski warga di sekitar lereng Gunung Semeru masih tetap beraktivitas seperti biasa, namun warga diimbau untuk tetap waspada terutama dengan ancaman banjir lahar dingin. (adh)

 

Lihat juga: Waspada! Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas Sepanjang Tiga Kilometer

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:36
08:48
03:56
07:30
01:07
03:27
Viral