Geger! Penemuan Mayat WNI Wanita di Arab Saudi, 2 Orang Diamankan | tvOne

Senin, 30 November 2020 - 14:52 WIB

Jakarta - Kementerian Luar Negeri RI membenarkan jenazah wanita di dalam koper di Mekkah, Arab Saudi merupakan Warga Negara Indonesia, berusia 23 tahun dan bekerja di Arab Saudi. Informasi yang didapatkan pihak Kemenlu RI, dua WNI juga ditangkap dan dimintai keterangannya oleh otoritas setempat terkait dengan kejadian ini.

Seperti yang dikutip dari gulf news, penemuan koper berisi mayat WNI itu dilaporkan warga setempat pada Jumat lalu. Awalnya warga menemukan koper tergeletak di tanah, dan ketika dibuka koper berisi jenazah wanita.

Direktur Perlindungan WNI dan BLH Kemenlu, Joedha Nugraha mengatakan bahwa otoritas setempat masih menyelidiki penyebab kematian perempuan di Mekkah ini. Joedha menyebut pihaknya belum mendapatkan kepastian  apakah ada atau tidak barang berharga milik korban yang hilang.

Otoritas setempat juga menangkap dua WNI di Mekkah Arab Saudi yang diduga terlibat dalam penempatan jenazah itu.

 “Yang bersangkutan tercatat memang bekerja di Saudi Arabia dengan majikannya, namun dahulu tercatat telah kabur. Kemudian langkah langkah yang telah dilakukan oleh KJRI, selain berkoordinasi dengan kepolisian, Kami juga mendapat informasi bahwa terdapat ada dua WNI, laki laki dan perempuan yang ditangkap polisi, yang diduga terlibat dengan penempatan jenazah tersebut,” kata Joedha.

Joedha menambahkan, setelah JKJRI mendapat informasi tersebut, pihaknya kemudian menghubungi keluarga almarhum yang berasal dari Tangerang, Banten. “Kami juga melakukan pendampingan hukum kepada dua WNI yang ditangkap saat ini, termasuk menyediakan jasa penerjemah selama penyidikan,” kata Joeda.

Meski otoritas setempat menangkap dua WNI, namun ia mengatakan bahwa berdasarkan hasil visum tak ditemukan tanda tanda kekerasan pada tubuh korban. “Sampai saat ini belum ada informasi lebih detil mengenai hasil investigasi. Namun informasi awal yang kami terima bahwa di tubuh jenazah berdasarkan hasil visum tidak ditemukan tanda tanda kekerasan. Namun untuk lebih mendapatkan informasi lebih pasti, otoritas setempat akan melakukan autopsi,” kata Joedha.

Joedha menjelaskan bahwa dua WNI yang kini ditangkap otoritas Arab Saudi diduga mengenal dengan korban. “Informasi yang kami terima, antara dua WNI ini dan jenazah tinggal berdekatan. Kami juga dapat informasi bahwa almarhumah sebelumnya sakit,” kata dia. (ito)

(Lihat Juga: Viral, buat lelucon sholat jenazah, 3 remaja minta maaf ke seluruh umat islam)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral