30 Perampok Bank Bersenjata Kuasai Jalanan di Brasil | tvOne

Rabu, 2 Desember 2020 - 12:55 WIB

Rio de Janeiro - Sekitar 30 orang perampok bersenjata merampok sejumlah bank. Perampokan kolosal ini juga diwarnai dengan aksi penyanderaan, mengambil kendali jalanan, tembak tembakan dengan aparat kepolisian, serta aksi menebar uang hasil rampokan.

Peristiwa ini terjadi di sebuah kota di negara bagian Santa Catarina, Brasil, pada Senin malam waktu setempat.Penyerbuan dimulai sekitar tengah malam dan berlangsung hampir dua jam. Penduduk setempat disandera selama operasi perampokan tersebut.

“Perampokan terjadi menjelang tengah malam pada Senin (30/11) di kota Criciuma dan berakhir dalam dua jam,” ungkap pernyataan kepolisian militer di negara bagian Santa Catarina.

Para bandit juga memblokir akses ke kota menggunakan sejumlah kendaraan yang sengaja dibakar. Mereka juga mengerahkan bahan peledak. Mereka terlibat baku tembak dengan petugas di pusat kota dan di kantor polisi.

Dua orang terluka dalam baku tembak tersebut, yaitu seorang penjaga keamanan dan seorang petugas polisi. Mereka telah dirawat di rumah sakit, dan dalam kondisi kritis.

Menurut Kepala Departemen Perampokan dan Penculikan Polisi Negara Bagian, Anselmo Cruz, sedikitnya ada 30 orang dan 10 mobil yang terlibat dalam operasi yang direncanakan dengan baik itu.

“Itu adalah tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tidak pernah ada sesuatu dengan ruang lingkup ini,” kata Cruz.

Ketika para perampok melarikan diri, uang kertas tersebar di seluruh area. Warga sekitar pun memunguti uang yang berhamburan di jalan itu. Surat kabar setempat melaporkan bahwa uang yang disebar perampok berhasil dikumpulkan senilai 810.000 real Brasil atau setara Rp2,2 miliar.

Sejauh ini Bank Brasil belum mau memberikan informasi mengenai jumlah uang yang diambil.

Perampokan itu mirip dengan perampokan lain yang terjadi pada bulan Juli di kota Botucatu, di negara bagian Sao Paulo. Di sana, sekitar 30 orang bersenjata meledakkan bank, menyandera penduduk dan baku tembak dengan petugas polisi sebelum melarikan diri.

Brasil memiliki sejarah panjang pencurian dan perampokan bank. Berbagai bank besar berjuang melawan gelombang perampokan dalam beberapa tahun terakhir karena penjahat telah menguasai penggunaan bahan peledak untuk mendapatkan uang tunai. (ito)

(Lihat Juga: Korea Selatan resmikan peraturan baru wajib militer untuk artis berprestasi)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral