Hendri: Mudah Bagi Gibran untuk Memperoleh Kejayaan di Solo | tvOne

Rabu, 9 Desember 2020 - 18:58 WIB

Jakarta – Pakar Komunikasi Politik Hendri Satrio menilai bahwa hal mudah bagi Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, untuk memperoleh kejayaan dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo karena Jawa Tengah merupakan “kandang” PDI Perjuangan.

“Kalau di Solo automatis ada dua hal yang mendukung dirinya untuk unggul saat ini,” beber Hendri di Program Kabar Petang, Rabu, 9 Desember 2020.

“Yang juga mendukung dia adalah PDI Perjuangan. Di Solo ini kan ‘kandangnya’ PDI Perjuangan, bahkan anak Megawati Soekarno Putri, yakni Mbak Puan Maharani maju di Pileg pun dari Solo Raya. Jadi artinya memang kekuatan Solo untuk PDI Perjuangan ini memang mumpuni sehingga bagi Gibran mudah meraih kejayaan seperti sekarang,” ujar Hendri lagi.

Menurut Hendri hal lain yang membuat Gibran menjadi unggul adalah karena dia merupakan putra daerah.

“Karena dia memang putra daerah, asli dari Solo, besar di Solo, dan usahanya juga di Solo,” ungkapnya.

Hendri mengatakan, bila Gibran memenangkan Pilwalkot Solo, maka karier politiknya bisa menanjak.

“Setelah (terpilih jadi) wali kota, pastinya ada beberapa hal lagi yang kita lihat memang sejalan dengan karier politik Gibran kalau dia mau meneruskan lebih dari wali kota kan pada 2023 akan ada Pilgub (Pemilihan Gubernur) Jawa Tengah. Kalau dia mau menuju ke sana ya itu jalannya ada,” kata Hendri.

PDI Perjuangan mengomentari kemenangan kader partainya yang juga putra dan menantu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution di Pilkada Serentak 2020 berdasarkan hitung cepat. Keduanya diharapkan dapat menyelesaikan persoalan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

"Di tengah pandemi COVID-19 yang kita hadapi, Mas Gibran dan Mas Bobby diharapkan mampu membawa masyarakat di Solo dan Medan, bergotong royong menyelesaikan isu kesehatan maupun ekonomi," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Harapan itu juga sekaligus untuk para kepala daerah lainnya dari PDI Perjuangan. Partai sudah memberi bekal terkait tata kelola pemerintahan hingga semangat antikorupsi lewat Sekolah Partai PDI Perjuangan.

"Kami tetap mengingatkan, walau quick count dan real count sementara sudah menunjukkan arah kemenangan, namun masih ada beberapa fase yang harus dilalui sebelum penetapan pemenang dan dilantik. Sehingga momen saat ini penting untuk mengawal proses rekapitulasi suara. Mengawal proses rekap ini juga adalah bentuk apresiasi partai atas rakyat yang sudah berbondong-bondong ke TPS," katanya. (act)

(Lihat juga: DILANDA BANJIR BANDANG, PILKADA 2020 DI MEDAN TETAP BERLANGSUNG)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral