Setelah Putus 3 Tahun, Arab Saudi dan Qatar Pulihkan Relasi Diplomatik | tvOne

Selasa, 5 Januari 2021 - 09:39 WIB

Doha, Qatar - Arab Saudi dan Qatar sepakat membuka kembali wilayah udara dan perbatasan maritim mereka mulai kemarin setelah pembekuan hubungan selama tiga setengah tahun.
 
Arab Saudi setuju membuka jalur udara dan perbatasan darat dengan Qatar, usai Kuwait melakukan rekonsiliasi kedua negara untuk mengakhiri krisis diplomasi sejak tahun 2017 silam. 
 
Menteri Luar Negeri Kuwait, Ahmad Nasser Mohammed al Sabah menyampaikan Emir Kuwait, Nawaf Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah berhasil membujuk Arab Saudi untuk memulihkan hubungan diplomatik dengan Qatar. Arab Saudi akan membuka jalur udara dan perbatasan darat dengan Qatar. Terhitung mulai Senin sore (4/1/2021) waktu Arab Saudi.
 
Pemulihan hubungan diplomatik ini tak lepas dari campur tangan penasehat senior Gedung Putih, yang juga tak lain menantu Presiden Donald Trump Jared Kushner yang mengunjungi Arab Saudi dan Qatar pada awal Desember tahun lalu untuk ikut serta memediasi kedua negara bersama dengan Kuwait.
 
Negara Quartet Arab yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada tahun 2017 silam. Mereka menuding Qatar membangun hubungan dengan rezim Iran dan mendukung kelompok ekstremis.
 
Kini, keempat negara tersebut rencananya akan menandatangani kesepakatan dengan Qatar untuk memulihkan krisis diplomatik dan membuka seluruh blokade. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:09
01:56
01:27
00:49
01:46
Viral