Terjadi Penambahan Pasien Positif, RS Wisma Atlet Nyaris Penuh Imbas dari Libur Panjang

Sabtu, 9 Januari 2021 - 13:15 WIB

Jakarta - Jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di Wisma Atlet meningkat imbas libur panjang, Kapasitas ruangan RS Wisma Atlet pun nyaris penuh.

Berdasarkan data terakhir hari ini (9/1/2021) untuk jumlah pasien positif COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta ini mencapai 4.349 pasien positif OVID-19. “Terjadi penambahan bila dibandingkan dengan hari kemarin yaitu sebanyak 151 pasien positif,” ujar Christofer Emmanuel yang melaporkan langsung dari Wisma Atlet.

Menurut data yang diperoleh petugas di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, penambahan pasien positif COVID-19 terjadi karena adanya imbas dari libur panjang diakhir tahun kemarin yang menjadikan klaster baru atau klaster keluarga seusai melakukan kegiatan libur bersama.

Untuk di Wisma Atlet sendiri, saat ini hanya menerima pasien yang bergejala seperti flu, demam, dan tidak lagi menerima pasien yang tidak bergejala. “Untuk saat ini tingkat kesediaan di Wisma Atlet Kemayoran ini khususnya di Tower, 4, 6, dan 7 sudah mencapai 74 persen yang sebenarnya sudah melebihi dari standar yang diberikan oleh WHO,” ungkap Christofer.

Hal tersebut menunjukkan angka pertumbuhan kasus positif masih terus bertambah dan saat ini masih menyisakan 1.155 tempat tidur di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet khususnya.

Namun, untuk flat isolasi mandiri masih menyisakan 1000 tempat tidur dan baru terisi sebanyak 35 persen. Masih tersisa cukup banyak bagi pasien yang nantinya harus dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

Christofer mengungkapkan, untuk mengantisipasi kapasitas Wisma Atlet yang tingkat ketersediaan tempat tidur penuh nantinya akan merujuk ke sekitar 100 hotel di Jakarta yang saat ini telah merawat lebih dari 5000 pasien.

“Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet hanya menerima pasien yang bergejala dan hanya khusus menerima pasien yang sudah memiliki rujukan baik dari puskesmas maupun rumah sakit,” jelasnya.

Sedangkan untuk pasien sembuh saat ini di Wisma Atlet hingga hari ini, total yang terdaftar ada 44 ribu dan sudah ada 39 ribu yang diperbolehkan untuk pulang dan meninggalkan Wisma Atlet. Meskipun demikian, tercatat ada 18 pasien yang meninggal dunia hingga hari ini (9/1/2021). (adh)
 

Lihat juga: Nyaris Penuh, Kapasitas RSDC-19 Wisma Atlet Sudah Terisi 70 Persen

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral