Bundaran HI Ramai Pesepeda, Sejumlah Warga Langgar Prokes | tvOne

Senin, 18 Januari 2021 - 09:47 WIB

Jakarta - Walau di tengah pesatnya jumlah kenaikan pasien positif COVID-19 di Jakarta, Kawasan Bundaran HI tetap ramai didatangi warga Ibukota yang ingin berolahraga, Minggu (17/01/21). 

Ironisnya, ditengah penerapan PSBB ketat ada warga yang sengaja melepas masker dengan alasan tidak bisa bernafas lega saat olahraga. PSBB ketat diberlakukan hingga tanggal 25 Januari 2021 mendatang.

Meski begitu, di Kawasan Bundaran HI Menteng, Jakarta Pusat kembali ramai didatangi warga ibukota untuk berolahraga. Di samping angka kasus positif COVID-19 yang terus meningkat beberapa hari terakhir, namun kondisi tersebut tak menyulutkan antusiasme warga ibukota untuk berolahraga di luar rumah.

Tampak puluhan warga memanfaatkan momen libur akhir pekan di kawasan ini untuk berolahraga seperti bersepeda hingga berlari. Sayangnya ditengah meningkat pesatnya penyebaran COVID-19 sejumlah warga yang berolahraga justru nekat mengabaikan aturan protokol kesehatan dengan melepas masker.

Berbagai alasan pun dikemukakan diantaranya adalah Irfan, salah seorang warga yang mengaku harus menurunkan sesaat masker yang digunakannya lantaran dirinya mengaku tak bisa bernapas lega saat berolahraga.

Meski khawatir akan penyebaran COVID-19, namun dirinya tetap lebih memilih berolahraga diluar rumah lantaran bosan jika harus setiap saat berada di dalam rumah. 

“Alasan saya masalahnya terlalu lama pengap jadi bernafasnya kurang bebas, jadi suatu saat memang sengaja saya turunkan seperti ini,” ungkap Irfan saat tengah berolahraga di Kawasan Bundaran HI, Jakarta.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan penggunaan masker juga bermanfaat untuk menghindari polusi mengingat polusi di Jakarta cukup banyak. 

Saat ditanya perihal nyamannya penggunaan masker ketika berolahraga, Irfan mengatakan jika dirinya lebih nyaman masker yang dipakai diturunkan sedikit. “Kalau nyamannya sebetulnya diturunin sedikit suatu saat aja nggak selalu ketika nafas sudah terlalu pengap dilepas seperti ini,” ujarnya.

Senada dengan Irfan, salah seorang warga lainnya mengaku harus melepas masker saat berolahraga agar dapat bernafas dengan baik. Ia justru khawatir dapat kekurangan oksigen jika harus menggunakan masker saat berolahraga. 

“Kalau olahraga kita kan butuh oksigen lebih yang penting kita lari jauh dari kerumunan orang jadi kalau olahraga memang harus buka masker supaya kita bisa bernafas dengan baik, oksigen dapat berjalan dengan baik,” kata Christian salah seorang warga Jakarta yang ditemui saat sedang berolahraga.

Menurutnya, menggunakan masker saat berolahraga dapat membuat kekurangan oksigen bahkan bisa menyebabkan kematian. (adh)

 

Lihat juga: Wagub DKI Jakarta Jelaskan Aturan PSBB Ketat 11-25 Januari 2021

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral