WASPADA! BMKG Prediksi Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia | tvOne

Senin, 25 Januari 2021 - 10:29 WIB

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 30 wilayah Indonesia pada Senin (25/1/2021). Dengan rincian, sebanyak 24 daerah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

BMKG memprediksi selama 5 hari kedepan wilayah Jabodetabek akan dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Sementara itu, hujan lebat yang berpotensi banjir akan terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan sebagian pulau Jawa hingga Bali.

Senior Forecaster, Dr. Ida Pramuwardani mengungkapkan secara umum, potensi hujan yang cukup merata akan terjadi di wilayah Jabodetabek hingga 3 hari kedepan dan potensi hujan dengan intensitas ringan sampai dengan sedang yang kadang disertai dengan kilat dan petir juga masih akan terjadi di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan hingga Bogor.

 “Kemudian pada tanggal 28-29 Januari BMKG juga akan memprediksi akan ada peningkatan intensitas hujan di Jabodetabek,” katanya lebih lanjut.

Kemudian setelah tanggal 29 Januari 2021, BMKG memprediksi akan terjadi penurunan intensitas hujan di wilayah Jabodetabek.

Sementara untuk wilayah Indonesia yang perlu di waspadai adalah wilayah yang mudah terjadi bencana atau yang rawan terjadi bencana hidrometeorologis seperti banjir bandang dan tanah longsor.

Ida menyebut yang perlu diwaspadai terutama di wilayah-wilayah yang telah terjadi bencana hidrometeorologis sebelumnya, seperti banjir yang saat ini terjadi di Kalimantan Selatan. Kemudian juga beberapa wilayah di Jawa Barat dan Sulawesi Utara. Karena wilayah yang telah terjadi bencana hidrometeorologis tersebut sebelumnya akan memiliki potensi atau risiko terjadi bencana apabila terdapat hujan yang lebat.

Sebagian Wilayah Indonesia Memasuki Musim Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa 94 persen wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan. BMKG meminta untuk waspada.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengungkapkan bahwa saat ini sudah hampir 94 persen wilayah Indonesia itu memasuki musim hujan. Ini ada intensitasnya di mana nanti ekstrem, lebat, maupun hujan sedang. Menurutnya ada sejumlah daerah yang perlu berhati-hati.

Ia menambahkan jka yang perlu diwaspadai adalah hujan lebat, sangat lebat, sampai dengan ekstrem. Ini di titik tertentu. Kalau secara keseluruhan kita lihat, baik itu tanggal 22-27 Januari 2021, itu tersebar hampir semua.

Ada yang ekstrem yaitu yang perlu kita lihat adalah tiga hari ke depan dengan potensi hujan lebat lebih dari 50 milimeter terjadi di Aceh, Sumut, Sulsel, Papua. Sedangkan untuk tanggal 23 kita waspadai adalah Sulsel, NTB, Papua Barat dan Papua.

Saat ini Indonesia tengah mengalami puncak musim hujan.Puncak musim hujan ada di Januari-Februari ini. Jadi di Januari itu sekitar 49 persen dan Februari itu 23 persen. (adh)

 

Lihat juga: Waspada Cuaca Ekstrem, BMKG Prediksi Akan Berlangsung Hingga Bulan April

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral