Proses Distribusi Vaksin Sinovac ke Sejumlah Daerah Dikawal Ketat Aparat | tvOne

Senin, 25 Januari 2021 - 11:36 WIB

Jakarta - Pendistribusian vaksin sinovac terus dilakukan di sejumlah daerah. Proses pendistribusian mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Distribusi tahap pertama vaksin sinovac telah diterima kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (24/1) siang. Pada tahap pertama ini  sebanyak 6.520 dosis  vaksin covid 19 didistribusikan. 6.520 vaksin sinovac diprioritaskan untuk 3.246 tenaga medis.

Setelah dihitung dan dipastikan dalam kondisi baik, ribuan vaksin akan  distribusikan ke 26 puskemas  dan 3 rumah sakit di kabupaten Temanggung.

"Vaksin sudah kami terima dan langsung disimpan di salah satu ruangan di Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung," kata Sekretaris III Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei.

Ia mengatakan ribuan vaksin COVID-19 tersebut merupakan vaksin tahap pertama yang diterima dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah melakukan penjadwalan untuk pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Temanggung. Vaksin tahap pertama yang diterima ini akan digunakan untuk vaksinasi tenaga medis dan pendukungnya sebanyak 3.426 orang.

Ia mengatakan sebelum vaksinasi dilakukan terhadap tenaga medis dan pendukungnya, direncanakan dilakukan vaksinasi terhadap 10 orang di jajaran Forkompinda Kabupaten Temanggung.

"Vaksinasi kepada Forkominda ini kami rencanakan pada Senin (25/1) di Pendopo Pengayoman komplek Rumah Dinas Bupati Temanggung," katanya.

Sementara itu, Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi memastikan untuk pengamanan vaksin dilakukan selama 24 jam, baik di dinas kesehatan maupun di puskesmas.

Di Riau, pagi tadi, sebanyak 15.240 dosis vaksin sinovac di berangkatkan ke kabupaten Kampar, kabupaten pelalawan dan kota  pekanbaru. Pendistribusian vaksin ke wilayah tersebut menempuh perjalanan selama dua jam lebih dan dikawal TNI-Polri.

Untuk tahap pertama, kabupaten Kampar mendapatkan 2.400 dosis, kabupaten Pelalawan 1.800 dosis dan kota Pekanbaru sebanyak 11.040 dosis. Vaksinasi akan diprioritaskan pada tenaga Kesehatan.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Riau baru berjalan di tiga kabupaten/kota, yakni Pekanbaru, Pelalawan dan Kampar sedangkan sembilan daerah lainnya dijadwalkan akan dilaksanakan Februari mendatang. Sembilan kabupaten/kota lainnya itu yakni Kota Dumai, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kuantan Singingi.

Di Klaten, Jawa Tengah, sebanyak 12.040 dosis vaksin Covid-19 tiba di kantor dinas kesehatan kabupaten klaten. Vaksin Covid-19 akan segera didistribusikan ke rumah sakit dan puskesmas di seluruh kabupaten Klaten. Pencanangan vaksinisasi Covid-19 akan dilakukan pada senin (25/1) pagi. (ito)

(Lihat Juga: Miris, sehari tiga perawat meninggal dunia akibat corona)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral