Merinding! Angin Puting Beliung Menerjang Tiga Desa, Ratusan Rumah Warga Rusak | tvOne

Kamis, 28 Januari 2021 - 13:23 WIB

Lumajang – Angin Puting Beliung menerjang permukiman penduduk di tiga desa di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (26/1). Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.15 WIB, yang paling parah terjadi adalah di Desa Pasrujambe.

Angin puting beliung ini menerjang Desa Pasrujambe, Desa Jambe Arum dan Desa Kertosari. Di Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, dilaporkan sebanyak 41 rumah kehilangan atap seta satu kandang hewan ternak rusak ringan.

Selain merusak atap rumah, Angin Puting Beliung juga menumbangkan sejumlah pohon. Petugas melakukan pendataan untuk mengetahui total kerugian material. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa Angin Puting Beliung yang terjadi di Desa Pasrujambe.

Sementara itu di Desa Jambe Arum, angin putting beliung mengakibatkan satu rumah rusak berat, 20 rumah rusak ringan dan satu bangunan Musala rusak. Sedangkan di Desa Kertosari sebanyak 15 rumah di dua dusuan rusak ringan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengatakan, bahwa saat ini TRC PB BPBD Kabupaten Lumajang telah melakukan penanganan dan pendataan. "Ini tim sudah melakukan penanganan dan assesment. Nanti juga dilakukan koordinasi dengan kecamatan," kata dia.

Bantuan Pemkab Lumajang

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Bersama sejumlah jajaran Pemkab Lumajang meninjau lokasi yang terdampak bencana angin puting beliung, di wilayah Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (27/1).

Saat melakkan peninjauan, selain merusak rumah warga, angin putting beliung juga merusak lahan perkebunan warga yang ada di beberapa kampung di Wilayah Kecamatan Pasrujambe.

"Saya melakukan peninjauan ke wilayah-wilayah yang terkena bencana puting beliung, tiga desa yang terkena di Kecamatan Pasrujambe. Saat ini sudah didata oleh BPBD Kabupaten Lumajang terkait dengan kerugian warga, luas lahan serta pohon sengon yang roboh. Namun, dalam bencana tersebut tidak ada korban jiwa," kata dia.

Selain itu, dia menjelaskan, dari hasil peninjauan tersebut, terdapat sekitar 116 rumah warga dari tiga dusun yang masih dalam proses pendataan sampai berapa besar kerusakannya. Kemudian rumah-rumah yang atapnya mengalami kerusakan akan diperbaiki oleh BPBD yang bekerja sama dengan TNI-POLRI dan para relawan.

Pemerintah Kabupaten Lumajang juga menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak bencana angin puting beliung, berupa makanan siap saji, selimut, terpal serta beras. (ito)

(Lihat Juga: Dua alat berat dikerahkan untuk mengangkut tumpukan sampah di kali baru Depok)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral