Karawang dan Bekasi Terendam Banjir Sepinggang | tvOne

Minggu, 7 Februari 2021 - 17:55 WIB

Bekasi, Jawa Barat - Hujan yang mengguyur daerah Karawang dan Bekasi mengakibatkan sebagian wilayah terendam banjir, Minggu (07/02/21).

Hujan yang mengguyur wilayah Kota Bekasi membuat Perumahan Pondok Hijau Permai, Pengasinan, Rawalumbu terendam banjir dengan ketinggian mencapai 70 sentimeter. Banjir juga merendam Perumahan Bumi Mutiara Indah, Cikampek, Karawang, Jawa Barat dengan ketinggian hingga mencapai 2 meter lebih.

Perumahan Pondok Hijau Permai di Rawalumbu, Kota Bekasi terendam banjir dengan ketinggian mulai dari 40 hingga 70 sentimeter. Selain hujan deras, banjir di perumahan tersebut juga disebabkan saluran air yang menyempit di hilir perumahan atau wilayah Jatimulya, Kabupaten Bekasi.

Sebanyak tujuh unit mesin pompa air milik warga dan satu mesin pompa dari unit reaksi cepat Dinas Bina Marga Sumber Daya Air Kota Bekasi dikerahkan untuk mengurangi debit air agar cepat surut.

Akibat banjir tersebut, sebanyak 1.100 kepala keluarga terdampak. Meskipun banjir tetapi warga tetap memilih bertahan di rumah masing-masing. Warga perumahan saat ini membutuhkan bantuan logistik. 

Selain itu, banjir juga merendam Perumahan Bumi Mutiara Indah, Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Karawang, Jawa Barat. Banjir dengan ketinggian 50 sentimeter hingga 2 meter lebih ini hampir merendam seluruh wilayah di kawasan perumahan.

Warga bahkan mengaku sebagian barang mereka juga ini banyak yang terendam. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polisi, dan TNI dibantu warga masih terus melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir di dalam rumah. Meski begitu, beberapa warga lainnya telah mengungsi ketempat yang lebih aman.

Ratusan rumah warga yang berada di Kampung Rawa Pasung, Kalibaru, dan Kampung Buaran, Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, terendam banjir sejak Rabu (2/2) dini hari pukul 04.00 WIB. 

Ketinggian banjir rata-rata mencapai 30 centimeter. Banjir juga merendam Sekolah Dasar Negeri Kalibaru. Sejumlah pengendara sepeda motor yang nekat menerobos banjir, banyak mengalami mogok di tengah genangan air dan akhirnya terpaksa harus didorong.

Hujan deras yang mengguyur Kota Bekasi sejak Rabu dini hari membuat pemukiman warga di Medan Satria, Kota Bekasi terendam banjir. Ratusan rumah warga yang berada di Kampung Rawa Pasung, Kalibaru, dan Kampung Buaran, Harapan Mulya Kota Bekasi ikut terendam banjir.

Meski begitu, kini ketinggian banjir berangsur surut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mengatakan banjir di pemukiman diakibatkan karena buruknya drainase dan tingginya permukaan kali dibandingkan dengan rumah warga. BPBD juga mengimbau warga untuk antisipasi banjir, terlebih saat hujan deras di malam hari. (adh)
 

Lihat juga: Jakarta Dilanda Banjir, Ketinggian Air Sempat Mencapai 80 Cm

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral