Angin Puting Beliung Terjang Kawasan Pantai Kenjeran | tvOne

Kamis, 18 Februari 2021 - 09:49 WIB

Jakarta - Sebuah video amatir milik warga viral di media sosial. Dalam video tersebut memperlihatkan angin puting beliung yang terjadi di sekitar kawasan pesisir Surabaya tepatnya di laut atau perairan Kenjer Surabaya, Rabu 17 Februari 2021.

Menurut keterangan saksi yang berada di lokasi kejadian, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.10 WIB, dan terjadi sekitar 30 menit dan fenomena ini mengejutkan warga. Pada saat terjadinya puting beliung, kondisi cuaca sekitar mendung dan hujan.

Sementara itu Kepala BMKG Tanjung Perak Surabaya, Taufik Hermawan mengatakan pihaknya masih menganalisa dan mencari informasi tentang fenomena itu. Namun berdasarkan video beredar, penyebabnya adalah awan Cumulonibus dan kejadiannya bersifat lokal dan dalam waktu relatif singkat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi prakiraan cuaca di seluruh wilayah Indonesia termasuk 33 kota besar Indonesia, Rabu 17 Februari 2021. Pada saat terjadinya angin beliung, kondisi cuaca Surabaya siang hari hujan petir dan berawan pada dini hari.

BMKG Juanda Surabaya mengeluarkan peringatan dini waspada potensi banjir yang diperkirakan terjadi 16 hingga 18 Februari 2021. Peringatan banjir dengan level waspada didasarkan pada curah hujan dan kerentanan wilayah. Peringatan itu telah dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (NER)

Lihat juga: BNN Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan 436 KG Sabu

 

 

 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral