Para Korban Terdampak Banjir Dievakuasi ke Gor Otista

Sabtu, 20 Februari 2021 - 16:20 WIB

Jakarta - BPBD DKI Jakarta juga telah mendirikan tenda pengungsi, posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta dapur umum di GOR Otista, Jakarta Timur untuk para korban terdampak banjir. 

Banjir merendam Jalan Cawang, tepatnya berada di Terowongan Cawang-UKI Jakarta Timur hingga akses jalan terputus. Ketinggian banjir hampir satu meter menyebabkan kendaraan tidak bisa melintas. Petugas pun melakukan pengalihan arus lalu lintas ke Jalan Kampung Melayu dan juga Otista. 

Maria Gerarda, yang melaporkan langsung dari GOR Otista, Jakarta Timur menyampaikan bahwa dalam satu ruangan tersebut dikhususkan bagi warga terdampak banjir. Kebanyakan pengungsian yang berada di GOR Otista ini diisi oleh warga Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

“Dimana dibagi menjadi menjadi dua ruangan. Ruangan tempat saya mengabarkan ini zona kedua yang mana disini khusus untuk para lansia, balita, bayi, beserta ibu pendamping,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk di zona 1 digunakan khusus orang dewasa yang dianggap rentan. Mengingat saat ini masih berada kondisi pandemi COVID-19. Tampak di pengungsian GOR Otista ini dapat dikatakan cukup kondusif dimana tidak terjadi kerumunan dengan tetap menjaga jarak antara satu keluarga dengan keluarga lain.

Salah seorang korban banjir yang bernama Nunung pun mengatakan bahwa rumahnya sudah tidak bisa ditempati lagi karena ketinggian air mencapai kurang lebih 3 meter. “Pintu sudah ketutup jadi 3 meter tingginya,” katanya.

Ia pun mengaku untuk saat ini telah menerima bantuan logistik berupa makanan sama air minum. “Kalau yang kita terima saat ini baru makan aja sama air kalau bantuan lainnya belum,” ujarnya.

GOR Otista, Jakarta Timur sudah disediakan sebagai pengungsian sejak pagi tadi (20/2) mengingat bencana banjir mulai terjadi pada dini hari tadi. Seperti yang kita ketahui bersama, hujan deras mengguyur Jakarta dalam waktu yang cukup lama sekitar 6 jam, dari dini hari hingga pagi hari tadi.

Banjir ini mengakibatkan berbagai daerah di DKI Jakarta terendam banjir. “Di GOR Otista ini ada sebanyak 99 KK dengan total 291 jiwa yang dibagi menjadi 2 ruangan atau zona sehingga tetap dapat mematuhi protokol kesehatan,” jelas Maria. (adh)

 

Lihat juga: Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Ibukota Jakarta Terendam Banjir

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
Viral