Imbas Jebolnya Tanggul Bekasi, Korban Banjir Dievakuasi ke Posko Gudang Logistik BNPB

Sabtu, 20 Februari 2021 - 16:09 WIB

Bekasi, Jawa Barat - Imbas jebolnya tanggul Bekasi mempercepat luapan air masuk ke pemukiman warga. Para korban dievakuasi ke posko gudang logistik milik BNPB. 

Sejumlah wilayah di Jatiasih Kota Bekasi terendam banjir lantaran jebolnya tanggul Kali Bekasi yang berada di dekat perumahan. Salah satu perumahan yang terkena dampak parah adalah Perumahan Pondok Gede Permai.

Banjir melanda Perumahan Pondok Gede Permai dan hingga saat ini proses evakuasi masih terus dilakukan oleh pihak dari tim gabungan yaitu salah satunya tim Basarnas yang kemudian mengevakuasi warga korban banjir di Perumahan Pondok Gede Permai.

Seperti yang diketahui, banjir yang terjadi di wilayah Pondok Gede Permai ini disebabkan karena tanggul dekat dengan perumahan tersebut ini jebol akibat intensitas hujan yang cukup tinggi dan yang terjadi pada beberapa hari terakhir.

Berdasarkan informasi terbaru yang berhasil didapatkan, proses evakuasi masih berlangsung. Ada sebagian warga yang tetap memilih untuk tinggal di rumah mereka lantaran rumah mereka ada dua lantai. 

Sementara itu, ada juga sebagian warga yang memilih untuk mengungsi dan sudah ada beberapa titik pengungsian yang disediakan untuk menampung para warga yang terdampak banjir. Untuk prioritas dari proses evakuasi ini adalah lansia dan juga bayi yang terdampak banjir. 

Banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya ternyata juga dirasakan oleh warga di Perumahan Pondok Gede Permai, jatiasih, Bekasi, Jawa Barat. Salah satu banjir disebabkan karena tanggul yang jebol, yakni tanggul Kali Bekasi diketahui jebol pada tanggal 14 Februari 2021 yang membuat cepatnya aliran air meluap ke perumahan warga.

“Banjir tercatat mulai hari Jumat kemarin (19/2) bahkan ketinggian di jalan utama menuju komplek Pondok Gede Permai mencapai lebih dari 1 meter,” ungkap Kamaratih Kusuma yang melaporkan langsung dari Posko Pengungsian di Gudang milik BNPB di Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Gudang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jatiasih, Syafrudin mengatakan jika saat ini total jumlah pengungsi 151 jiwa. “Jadi kita berbicaranya bukan KK, ada 151 jiwa pengungsi yang ada di Gudang Logistik BNPB Jatiasih yaitu dari Perumahan Pondok Gede Permai,” ujar Syafrudin. (adh)

 

Lihat juga: Banjir Karawang Meluas, 24 Desa di 12 Kecamatan Kini Terendam


 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
02:00
02:28
01:11
03:46
00:53
Viral