Untuk Pertama Kalinya, Tol Jorr Terendam Banjir | tvOne

Sabtu, 20 Februari 2021 - 18:35 WIB

Jakarta - Hujan Deras yang mengguyur sejak Sabtu (20/2/2021) dini hari membuat sejumlah titik ruas tol tergenang. PT Jasa Marga (Persero) Tbk saat ini tengah menindaklanjuti beberapa titik genangan air. 

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek membuat sejumlah ruas di Jalan Tol tergenang banjir. Banjir membuat sejumlah kendaraan mogok karena genangan air banjir yang tinggi. Selain itu, banjir juga menyebabkan kemacetan yang panjang.

Ruas Jalan Tol Lingkar Luar Pondok Pinang Taman Mini Cilandak, Jakarta Selatan terendam air setinggi 50 sentimeter. Sejumlah kendaraan roda empat yang nekat menerobos banjir terpaksa harus mendorong mobilnya akibat mati mesin.

Akibatnya kemacetan banjir juga terlihat di dua jalur tol lingkar luar. Tak hanya itu, banjir juga merendam ruas Tol Jakarta-Cikampek sepanjang 300 meter. Ketinggian air mulai dari 30 sentimeter hingga 60 sentimeter. Hal itu membuat sejumlah kendaraan mengurangi kecepatannya dan berakibat kemacetan panjang.

Titik banjir berada di KM 19 hingga mengular sampai ke KM 25. Selain itu, ruas Tol Jakarta - Serpong sempat tergenang banjir pada pagi tadi (21/2). Genangan banjir dengan ketinggian air bervariatif mulai dari 40 sentimeter hingga 80 sentimeter. Meski begitu, banjir yang menggenangi jalan tol sudah surut dan bisa dilalui pada siang hari.

Banjir juga merendam salah satu tol di Ibukota, salah satunya di Jalan Tol Jakarta Outering Ring Road (JORR). Diketahui, genangan air merendam jalan tol pada KM 25-200 ini baru pertama kali terjadi.

“Genangan atau banjir yang menimpa di KM 25-200 memang baru pertama kali ini di ruas tol kami dan sebelumnya tidak pernah terjadi banjir seperti ini,” ungkap Rubiyantoro Branch Manager Tol JORR.

Ia pun menambahkan jika hal itu terjadi karena limpahan air dari arteri yang masuk ke ruas Tol JORR. Banjir itu terjadi karena adanya luapan air Sungai Jati Padang dan Sungai Ragunan sehingga airnya masuk ke ruas tol.

Pihak tol pun mengaku sempat melakukan penutupan gerbang tol sementara kurang lebih selama 1 jam dari jam 09.00 WIB sampai jam 10.00 WIB. 

“Penanganan yang sudah kami lakukan adalah kami tadi sudah menurunkan tiga tim tanggap darurat dan satu tim rescue yang sudah dilengkapi perlengkapan serta sarana prasarana pendukung evakuasi,” jelasnya.

Selain itu, pihak tol pun telah menyiapkan empat pompa kapasitas 300 liter per menit, satu unit pompa kapasitas 250 liter per menit. Tambahnya, ada satu unit pompa air kapasitas 800 liter per menit.

Jadi, kurang lebih pukul 10.00 WIB tadi jalur di Tol JORR sudah mulai berangsur-angsur bisa dilalui oleh pengguna jalan. (adh)
 

Lihat juga: Usai Terendam Banjir Setinggi 2 Meter, Begini Kondisi Terkini Kawasan Kemang

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral