Kali Angke Meluap! Ratusan Rumah di Ciledug Indah Tangerang Terendam Banjir! | tvOne Min

Sabtu, 20 Februari 2021 - 18:32 WIB

Tangerang - Banjir yang diakibatkan luapan anak kali Angke membanjiri jalan raya dengan ketinggian bervariasi hingga 1,5 meter dan merendam ratusan rumah di perumahan Ciledug Indah I. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan upaya penanganan banjir di Jalan KH. Hasyim Ashari depan perumahan Ciledug Indah dengan membuat jembatan apung.

Kepala Bidang Operasional dan Perawatan PUPR Kota Tangerang Agus, di Tangerang, Sabtu (20 Februari 2021), menjelaskan semua personil dan peralatan yang dimiliki PUPR telah dikerahkan di sejumlah titik lokasi banjir di Kota Tangerang. Untuk penanganan luapan air dan mempermudah proses evakuasi warga, sudah dibangun jembatan apung di pinggir jalan yang terputus aksesnya. Untuk panjangnya akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. "Kami buat jembatan apung di sini sehingga bisa mempermudah proses evakuasi warga dari rumah ke lokasi pengungsian atau tempat yang aman," kata Agus di perumahan Ciledug Indah.

Tidak hanya itu, PUPR juga membuat tanggul sementara yang menggunakan barrier yang dilapisi karung pasir sehingga bisa menahan lajur air untuk penanganan dini. Banjir merendam sejumlah wilayah di Kota Tangerang sejak pagi hari dengan ketinggian mulai dari 30 sentimeter hingga 1,5 meter lebih. Saat ini petugas gabungan pun masih melakukan evakuasi warga terdampak dan menangani luapan. Hujan dengan intensitas tinggi tersebut menyebabkan sembilan wilayah kecamatan terdampak banjir.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Deni Koswara, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUPR) Taufik Syahzaeni serta Camat Ciledug Syarifuddin meninjau beberapa titik lokasi terdampak banjir akibat curah hujan yang tinggi. "Semalam curah hujan terbilang cukup tinggi di wilayah Kota Tangerang, sehingga beberapa titik di wilayah bagian timur terdampak banjir seperti Ciledug, Karang Tengah dan Kecamatan Pinang," kata Wali Kota Arief saat melakukan pengecekan lokasi titik banjir di Perumahan Ciledug Indah, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang (20/2).

Wali Kota Arief juga menginstruksikan BPBD untuk menambah posko bantuan dan evakuasi di wilayah tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan 4M. "Biasanya hanya fasilitas di masjid, tapi kali ini sudah saya instruksikan untuk ditambah dengan gedung sekolah terdekat, ini upaya kita membatasi jumlah keluarga yang berkumpul di satu tempat. Bagaimanapun juga mereka harus kita jaga supaya tidak terpapar virus Covid-19," kata Wali Kota Arief saat melanjutkan tinjauannya di wilayah Situ Bulakan Kecamatan Periuk. (ari/ant)

(Lihat juga Anies Baswedan: Bila Tidak Ada Kendala Khusus Diharapkan Dalam 6 Jam Surut)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
01:10
01:07
03:09
04:29
01:56
Viral