Tanggul Citarum Jebol, 6.000 KK Sedang Tertidur Lelap | tvOne

Minggu, 21 Februari 2021 - 14:18 WIB

Bekasi, Jawa Barat - Banjir parah yang terjadi di Kota dan Kabupaten Bekasi sejak Jumat (19/2/2021) membuat tanggul Sungai Citarum di Kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi jebol pada Sabtu (21/2/2021) sekitar pukul 23.30 WIB. 

Akibatnya, tanggul yang berada disisi Kabupaten Bekasi yang berbatasan dengan Kabupaten Karawang tersebut membuat 6000 Kepala Keluarga (KK) terdampak. Sebab, tanggul yang jebol tersebut membuat banjir di pemukiman warga dengan ketinggian 1,5 meter dan membuat panik warga yang sedang terlelap tidur.

Tanggul Citarum jebol sekitar 50 meter dan hingga saat ini belum ada penanganan perbaikan tanggul. Meski begitu, langkah-langkah tanggap darurat terus dilakukan untuk menangani jebolnya tanggul, namun perbaikan menyeluruh baru bisa dikerjakan setelah banjir surut.

Imbas Tanggul Jebol

Sebelumnya, tanggul Bekasi pun jebol. Imbas jebolnya tanggul Bekasi mempercepat luapan air masuk ke pemukiman warga. Para korban dievakuasi ke posko gudang logistik milik BNPB. 

Sejumlah wilayah di Jatiasih Kota Bekasi terendam banjir lantaran jebolnya tanggul Kali Bekasi yang berada di dekat perumahan. Salah satu perumahan yang terkena dampak parah adalah Perumahan Pondok Gede Permai.

Banjir melanda Perumahan Pondok Gede Permai dan hingga saat ini proses evakuasi masih terus dilakukan oleh pihak dari tim gabungan yaitu salah satunya tim Basarnas yang kemudian mengevakuasi warga korban banjir di Perumahan Pondok Gede Permai.

Seperti yang diketahui, banjir yang terjadi di wilayah Pondok Gede Permai ini disebabkan karena tanggul dekat dengan perumahan tersebut ini jebol akibat intensitas hujan yang cukup tinggi dan yang terjadi pada beberapa hari terakhir.

Berdasarkan informasi terbaru yang berhasil didapatkan, proses evakuasi masih berlangsung. Ada sebagian warga yang tetap memilih untuk tinggal di rumah mereka lantaran rumah mereka ada dua lantai. 

Sementara itu, ada juga sebagian warga yang memilih untuk mengungsi dan sudah ada beberapa titik pengungsian yang disediakan untuk menampung para warga yang terdampak banjir. Untuk prioritas dari proses evakuasi ini adalah lansia dan juga bayi yang terdampak banjir. (adh)
 

Lihat juga: Imbas Jebolnya Tanggul Bekasi, Korban Banjir Dievakuasi ke Posko Gudang Logistik BNPB

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral