Usai di Gerus Banjir, KAI Lakukan Perbaikan Lintasan KA yang Rusak | tvOne

Senin, 22 Februari 2021 - 13:57 WIB

Jakarta – Intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah jalur kereta yang berada di DAP 1 Jakarta terendam banjir dan tidak bisa dilalui Kereta Api Jarak Jauh. PT Kereta Api Indonesia (Persero) belum menghitung kerugian yang ditanggung perseroan akibat banjir. Hingga saat ini perusahaan masih berfokus memperbaiki jalur-jalur rel yang tergenang air.

Menurut Eva Khairunisa, Kepala Humas DAOP 1 Jakarta, sejumlah perjalanan KA jarak jauh dibatalkan karena sejumlah jalur terdampak banjir.

“Jalur rel kereta api di Stasiun Kedunggedeh-Lemahabang KM 55 100 hingga KM 53 600 terendam banjir setinggi 150 sentimeter sejak Ahad, 21 Februari. Banjir mengakibatkan fondasi batu balas pada rel tergerus air sehingga perseroan memerlukan waktu memperbaiki jalur kereta.” Jelasnya.

KAI pun memutuskan membatalkan seluruh rangkaian perjalanan kereta jarak jauh dari Jakarta dan kereta lokal yang melintasi jalur terdampak. Hingga Senin pagi, perbaikan masih terus dilakukan

Perjalanan KA Malang-Jakarta dibatalkan akibat banjir

Perjalanan kereta api jarak jauh dari Kota Malang, Jawa Timur menuju Jakarta harus dibatalkan akibat dampak cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan bahwa perjalanan kereta api yang dibatalkan adalah Kereta Api Jayabaya Malang-Pasar Senen, dan Kereta Api Gajayana Malang-Gambir.

"Banjir tidak hanya membuat jalur rel tergenang, namun banjir juga mengalir cukup deras, dan mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus," kata Luqman, dalam keterangan yang diterima di Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Luqman menjelaskan, akibat pondasi batu balas pada rel tersebut tergerus, perlu waktu untuk melakukan proses perbaikan prasarana jalur rel. Hingga saat ini, PT KAI Daop 1 Jakarta tengah melakukan upaya maksimal untuk memperbaiki prasarana terdampak tersebut.

Luqman menjelaskan, banjir tersebut dilaporkan memberikan dampak cukup besar khususnya pada petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang, Cikarang, Bekasi kilometer 55+100 sampai kilometer 53+600.

Secara total terdapat tujuh perjalanan kereta api yang dibatalkan dari area Daop 8 Surabaya. Rinciannya, tiga kereta api tujuan Stasiun Pasar Senen dan empat kereta api lainnya tujuan Stasiun Gambir, Jakarta.

Bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan 22 Februari 2021 tujuan Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket hingga 30 hari kedepan, dengan pengembalian 100 persen melalui loket pembatalan di masing-masing stasiun. (mii)

 

Lihat Juga: Kepala Humas DAOP 1 Minta Maaf Atas Gangguan Perjalanan KA Jarak Jauh | tvOne

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral