Lahar Dingin Hantam Jembatan Penghubung Dua Kecamatan Hingga Putus | tvOne

Minggu, 28 Februari 2021 - 13:05 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Ribuan masyarakat yang berada di dua Kecamatan yang ada di Lumajang, Jawa Timur terisolir akibat putusnya akses jalan penghubung antar dua Kecamatan yakni dari Kota Lumajang menuju Kecamatan Senduro Lumajang. 

Tingginya intensitas hujan mengakibatkan meningkatnya debit air di Lumajang dan menjadi masalah tersendiri di wilayah tersebut. Sejumlah elemen pemerintah mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk tidak melintas di Jembatan Jurangmangu karena tidak layak. 

Putusnya akses jembatan ini akibat diterjang oleh derasnya arus lahar dingin Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Lantaran ini, aktivitas warga sekitar menjadi terhambat dan terisolir karena harus memutar arah dengan jarak yang cukup jauh.

Tampak ratusan warga terus berdatangan ke lokasi putusnya jembatan di Desa Gesang, Kecamatan Tempeh, Lumajang, Jawa Timur. Jembatan sepanjang 100 meter dengan lebar 6 meter yang putus total ini merupakan jembatan penghubung antara Kecamatan Tempeh dan Kecamatan Pasirian.

Jembatan yang diketahui baru direnovasi itu, berdiri diatas aliran lahar Gunung Semeru di Sungai Mujur. Ambruknya jembatan ini diduga akibat tak kuat menahan terjangan banjir lahar dingin Semeru yang cukup besar dan deras.

“Dikarenakan ada lahar Semeru. Awalnya hujan terus menerus lalu lahar dingin menerjang,” ungkap Muhamad Yamin salah seorang warga yang ditemui di lokasi kejadian.

Meski begitu, beruntung tak sampai ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, akses penghubung antara dua kecamatan terputus total. Warga pun berharap agar pemerintah kembali memperbaiki jembatan yang rubuh ini.

Banjir Lahar Dingin

Sebelumnya, Banjir lahar dingin Gunung Semeru mengalir deras di dekat aliran Sungai di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin sore, 8 Februari 2021. 

Arusnya yang sangat kuat menyeret satu mobil pengangkut bahan bakar minyak (BBM) untuk alat berat penambang. Detik-detik saat kendaraan itu terseret banjir lahar dingin, diabadikan oleh warga setempat melalui kamera ponselnya.

Dalam video yang berdurasi 30 detik dan beredar di media sosial tersebut terlihat derasnya lahar dingin Gunung Semeru hingga menerjang sebuah mobil yang terparkir di dekat aliran sungai. (adh)

 

Lihat juga: Ngeri! Detik-Detik Mobil Terseret Lahar Hujan di Lumajang

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral