Kabar Duka, Anggota Dewas KPK Artidjo Alkostar Meninggal Dunia | AKIM tvOne

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:00 WIB

Jakarta - Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Artidjo Alkostar meninggal dunia. 

Artidjo Alkostar dikenal memiliki integritas yang tinggi dan sempat disebut sebagai Algojo para koruptor ini wafat di usianya yang ke 73 tahun. Rasa kehilangan pun dirasakan oleh beberapa tokoh tak terkecuali Mahfud MD. Ia pun menuliskan kesan dan kenangannya terhadap Artidjo Alkostar di akun twitter pribadinya.

Ucapan bela sungkawa pun diutarakan oleh Ketua KPK saat ini yang tengah menjabat yakni Firli Bahuri.

“KPK beserta segenap jajaran KPK memohon doa kepada seluruh rakyat Indonesia.  Artidjo Alkostar meninggal dunia pada hari ini (28/2) dan kita akan mendoakan beliau supaya dilapangkan jalan menuju surga dan kita berdoa supaya keluarga yang di tinggalkan mendapat ketabahan,” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan jika semangat Artidjo Alkostar dalam memberantas korupsi dapat dijadikan panutan untuk kita semua. 

Kabar meninggalnya  Artidjo diperoleh kemarin MInggu (28/2) pada pukul 14.30 WIB. Hingga saat ini almarhum sudah dibawa dengan iringan mobil ambulance ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk disemayamkan.

Rombongan pun sudah berangkat dari rumah duka di Apartemen Spring Hills Tennessee Residence. Sekitar pukul 17.00 rombongan sudah berangkat ke Rumah Sakit Polri, tampak Mahfud MD dan Firli Bahuri turut serta dalam rombongan tersebut.

Sebelumnya, keduanya pun telah tiba untuk menyambangi rumah duka. Mahfud dan Firli menyampaikan rasa duka citanya yang mendalam karena kehilangan sosok yang luar biasa. 

Perihal penyebab meninggalnya Artidjo Alkostar, diketahui jika Ia mengalami sakit akibat komplikasi ginjal dan jantung. Firli menambahkan bahwa jenazah akan disemayamkan di RS Polri Kramat Jati.

Berdasarkan keputusan dari keluarga, pihak KPK, dan Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar akan dimakamkan di Situbondo, Jawa Timur yang merupakan tempat kelahiran dari almarhum.

Rencananya pemakaman Artidjo, akan di fasilitasi langsung oleh KPK dan keluarganya di Situbondo diminta untuk bersiap-siap menyambut kedatangan almarhum.

Artidjo Alkostar lahir di Situbondo, Jawa Timur pada tanggal 22 Mei 1949. Ia dikenal sebagai sosok yang bersih dan sangat ditakuti pada saat dirinya masih bertugas di Mahkamah Agung. Selama dulu menjabat, Ia dikenal sebagai Hakim Agung yang tidak ragu menjatuhkan hukuman berat bagi para koruptor.

Setelah itu, Artidjo Alkostar pensiun sebagai Hakim Agung pada tanggal 22 Mei 2018 atau di usianya yang ke 70. Lalu kemudian Ia berkontribusi dengan dilantik bersama keempat sosok lainnya untuk menjadi Anggota Dewan Pengawas KPK. (adh)

 

Lihat juga: Kenang Artidjo, Firli Bahuri: Beliau Merupakan Semangat Pemberantasan Korupsi

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral